Home » , » Danau Di Jantung Sahara "Melahirkan" 18 Danau Kecil

Danau Di Jantung Sahara "Melahirkan" 18 Danau Kecil

 Danau Ounianga (Foto: amusingplanet)

DANAU Ounianga awalnya merupakan sebuah danau besar. Kekeringan menyebabkan air danau ini menyusut hingga "melahirkan" danau-danau kecil.

Danau Ounianga terdiri dari 18 danau yang terletak di jantung Gurun Sahara, di daerah utara Chad yang sangat kering, dimana curah hujan tahunan rata-rata tidak lebih dari 2mm. Danau-danau ini bergantung pada pasokan air bawah tanah yang berasal dari sisa air pada zaman ketika iklim Sahara masih jauh lebih basah daripada saat ini.

Sekira 14.800 hingga 5.500 tahun yang lalu, daerah ini masih ditempati oleh sebuah danau besar yang memiliki panjang puluhan kilometer. Karena iklim kering yang berkepanjangan selama ribuan tahun, danau pun menyusut hingga akhirnya terbagi ke dalam 18 danau-danau kecil yang tersisa saat ini.

Danau terletak di cekungan dangkal di bawah tebing batu pasir dan bukit tempat air mengalir. Langit yang tak berawan menyebabkan tingkat penguapan di tempat ini begitu tinggi. Namun, tempat di bawah tanah yang memiliki air cukup banyak dan tertutupi banyak batu besar cukup menyuplai danau kecil. Sistem hidrologi yang unik mampu mempertahankan danau air tawar terbesar yang terdapat di padang pasir gersang seperti ini.

Danau dibagi menjadi dua kelompok dengan jarak terpisah 40km. Memiliki komposisi kimia yang sangat bervariasi, beberapa danau memiliki kadar air yang sangat asin sehingga hanya dapat mendukung beberapa kehidupan spesies. Sementara, beberapa danau lainnya memiliki air cukup segar.

Danau terbesar di antara kumpulan Danau Ounianga adalah Danau Teli dengan luas permukaan 4,4km persegi dan kedalaman maksimum 10m. Airnya segar dan mendukung kelimpahan kehidupan. Substrat pasir yang berpori membuat air bebas mengalir di bawah tanah di antara Danau Teli dan 13 danau kecil lainnya dalam kelompok danau di sebelah timur.

Lebih jauh ke barat, terdapat empat buah danau lainnya. Danau terbesar di tempat ini adalah Danau Yoan yang memiliki luas 3,6km persegi dengan kedalaman 27m. Ini adalah sebuah danau dengan garam tingkat tinggi yang hanya mendukung kehidupan gangga dan beberapa mikroorganisme lainnya, seperti dilansir dari AmusingPlanet.

Danau Ounianga adalah pemandangan alam yang luar biasa. Memiliki bentuk dan warna yang begitu mencolok, tempat ini seharusnya dapat menjadi salah satu tujuan wisata. Namun, karena tempatnya yang terpencil, masih jarang wisatawan datang. Hanya sekira 500 wisatawan per tahun yang dapat menemukan jalan ke sudut terpencil Chad.

Danau Di Jantung Sahara "Melahirkan" 18 Danau KecilBy ..Published: 01.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger