Home » , » Rendang Kambing, Enak Juga Kok

Rendang Kambing, Enak Juga Kok


detail berita

BISA dibilang, rendang daging menjadi yang terpopuler. Namun, ada satu jenis daging yang tak bisa dipakai untuk olahan rendang, yakni daging kambing.
 
Di daerah Sumatera Barat, rendang daging menjadi satu bagian masakan yang tak pernah terlewatkan, kadang dalam memasaknya membutuhkan waktu dua hari. Hari pertama adalah memasak kuah santannya sampai minyak kelapa keluar ke permukaan, lalu di hari kedua barulah dimasukkan potongan dagingnya. Tentunya, memasaknya memakai tungku kayu bakar.
 
Berbagai pilihan dagingnya pun bermacam-macam. Masyarakat Minang lebih mengenal daging kerbau atau daging sapi. Namun, pernahkah Anda bertanya, mengapa bukan daging kambing?
 
Sebetulnya, hal ini lebih dikarenakan "tak kenal maka tak sayang". Daging kambing sangat terkenal untuk acara akikahan, kambing biasa dimasak dengan cara dibuat santan, hanya saja kapasitas santannya lebih encer. Bisa saja dibuat variasi baru dari rendang daging, yaitu rendang daging kambing atau paha kambing, seperti dilansir buku Rendang Traveler: Menyingkap Bertuahnya Rendang Minang karya Reno Andam Suri.
 
Sementara untuk daging sapi, karena proses pemasakan cukup lama dan pengadukan yang intens, maka dipilihlah bagian paha. Bayangkan kalau daging yang dipakai adalah has dalam, lalu dimasak memakai tungku kayu bakar, maka daging bisa hancur. Artinya, kalau mau memakai daging has dalam, pastinya cara memasaknya juga harus diperhatikan.
 
Hasil dari pemasakan dengan memakai tungku kayu bakar adalah daging berwarna cokelat kehitaman serta bumbu yang meresap sempurna. Mengeringkan kuah rendang daging bisa membuatnya bertahan lebih lama, sebab rendaman minyak juga akan semakin membuat rendang awet dan bumbu semakin meresap ke dalam daging. Terkadang, bisa juga ditambahkan dengan kacang merah.
 
Rendang daging di acara adat budaya Minang dinamakan samba godang. Rendang ini tidak menggunakan kacang merah. Untuk rendang yang dikonsumsi sehar-hari, diberi tambahan kacang merah sehingga bisa menambah nilai gizinya. Dan jika dagingnya dudah habis, tentunya masih ada kacang merah yang bisa dinikmati bersama kuah kering rendang.

Rendang Kambing, Enak Juga KokBy ..Published: 01.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger