Home » , » Tumbuhkan Rasa Pede, Baca Tips Ini!

Tumbuhkan Rasa Pede, Baca Tips Ini!

Ilustrasi : Corbis

JAKARTA - Rasa percaya diri penting untuk dimiliki setiap orang, apalagi ketika kita memasuki dunia kerja dengan persaingan yang tinggi. Jika kita tidak percaya pada kemampuan diri, bagaimana orang lain akan percaya pada kemampuan kita?  
Untuk itu, kita perlu membangun dan mengembangkan rasa percaya diri alias pede pada batas proporsional. Sebab, rasa percaya diri berlebihan justu akan menjatuhkan kita di mata orang lain.
 
Menurut buku Anak Bawang Cari Peluang, terdapat beberapa cara untuk mengembangkan rasa pede. Berikut tips agar kita bisa tampil pede di hadapan rekan-rekan dan bos di kantor.
 
Puji diri sendiri
Jangan tunggu pujian dari orang lain ketika kita memang berhasil mengerjakan atau mencapai sesuatu. Mulailah berikan pujian sekecil apapun dari diri sendiri. Bentuknya pun beragam seperti membeli suatu barang yang memang telah lama kita idam-idamkan. Selama dalam batas yang wajar, memberi pujian kepada diri sendiri justru memacu kita untuk lebih bersemangat dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan selanjutnya.
 
Buat orang lain menghormati kita
Ketika kita ingin dihormati orang lain maka kita harus terlebih dahulu menghormati diri sendiri. Berbicara seenaknya dan berpakaian tidak pantas merupakan suatu bentuk kita tidak menghormati diri sendiri. Setelah mampu menghormati diri sendiri, buatlah orang lain menghormati kita. Bagaimana caranya? Cukup sederhana. Hormatilah rekan kerja tanpa memandang pangkat dan jabatan. Dengan sendirinya mereka akan segan dan menghormati kita. Perasaan dihormati dan dihargain orang lain ini menjadi 'suntikan' untuk meningkatkan rasa pede.
 
Jangan takut gagal!
Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Orang sukses sekalipun juga pernah mengalami kegagalan. Maka, ketika kita mengalami kegagalan dalam melaksanakan sebuah pekerjaan, jangan terpaku pada hal tersebut. Jangan biarkan pengalaman itu membuat kita takut untuk terus mencoba dan berusaha. Jika kita mampu mengenyahkan rasa cemas dan takut gagal, dengan sendirinya rasapede pun akan meningkat.
 
Buat target sukses lebih jauh
Sering kali kita merasa terlena ketika berhasil mencapai target yang ditentukan. Namun, jika hanya merasa puas pada tahap tersebut, kita tidak akan berkembang. Teruslah menetapkan target lebih tinggi dan lebih jauh karena akan terus memacu kita untuk berusaha dan bekerja lebih keras.
 
Yakin bisa
Memberikan sugesti positif pada diri setiap kali diberikan tugas baru oleh atasan akan meningkatkan rasa percaya diri. Tanamkan pada diri sesulit apapun tugas yang diberikan, kita akan mampu menyelesaikannya.

Tumbuhkan Rasa Pede, Baca Tips Ini!By ..Published: 19.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger