Home » , » Menapaki Jejak Masa Lalu Di Kota Bogor

Menapaki Jejak Masa Lalu Di Kota Bogor

Museum Zoology (Foto: bogornet)


LIBUR akhir pekan memang memiliki rentang yang cukup singkat. Namun, tidak ada salahnya jika waktu tersebut digunakan untuk berlibur sekaligus menambah wawasan si kecil dengan mengunjungi museum.

Kota Bogor kaya peninggalan sejarah. Berbagai peninggalan yang berasal dari masa klasik, masa kolonial, dan masa etnis terdapat di kota yang memiliki julukan sebagai Kota Hujan ini. Selain tempat-tempat tersebut, ada pula beberapa koleksi yang dapat ditemukan di museum.

Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Jakarta dapat dijadikan tujuan wisata di akhir pekan. Untuk tujuan pertama, Anda dapat menuju Komplek Prasasti Batutulis yang letaknya hanya berjarak 2km dari pusat Kota Bogor. Batu prasasti atau batu tulis yang terdapat di tempat ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Pajajaran.

Pada batu tulis tersebut terukir kalimat-kalimat dalam rangka memperingati jasa Prabu Siliwangi yang diukir dalam tulisan sunda Kawi. Pada zaman kekuasaan Prabu siliwangi, tempat ini digunakan sebagai tempat untuk melakukan upacara penobatan raja-raja Pajajaran.

Setelah melihat peninggalan sejarah berupa situs batu tulis, perjalanan dapat dilanjutkan menuju Museum Zoology. Museum ini pertama kali didirikan oleh Dr.J.C.Konigsberger pada 1894. Pada awal mula berdirinya, bangunan ini hanyalan sebuah ruangan yang kecil dan sederhana yang digunakan sebagai laboratorium. Di tempat inilah berbagai penelitian terhadap hewan pengganggu tanaman pertanian dilakukan. Namun sekarang, bangunan ini telah dilengkapi dengan ruang koleksi, ruang kerja, ruang pameran, dan laboratorium.

Selain Museum Zoology, di Kota Bogor terdapat Museum PETA. Bangunan yang digunakan menjadi museum ini didirikan pada 1745. Pengalihan fungsi gedung menjadi museum mulai dilakukan pada 1993.

Pendirian museum ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap tentara PETA yang dipersiapkan untuk menjadi tentara kebangsaan Indonesia. Saat ini, para pengunjung dapat melihat berbagai koleksi yang menggambarkan bagaimana tentara PETA dibentuk dan berbagai perjuangan yang dilakukannya.

Menapaki Jejak Masa Lalu Di Kota BogorBy ..Published: 20.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger