Home » , » Sejarah Kenapa Keyboard Tersusun QWERTY

Sejarah Kenapa Keyboard Tersusun QWERTY

Sejarah Kenapa Keyboard Tersusun QWERTY - Hal sepele yang kita jumpai dan menjadi bagian dari aktivitas terkadang tidak kita ketahui secara banyak, salah satunya adalah keyboard. Keyboard yang anda pegang dan lihat baik itu PC, Laptop maupun Ponsel kenapa tersusun huruf pertama QWERTY. Penyusunan keyboard yang berawal dari tahun 1873 tersebut pada awalnya hanya untuk menghindari sering macetnya mesin tik karena huruf yang berdekatan. Berikutsejarah lengkap kenapa keyboard tersusun QWERTY

Enam huruf pertama alfabet pada baris teratas dari sebuah keyboard atau papan ketik pasti tersusun QWERTY. Untuk mengetahui alasannya harus ditelusuri sejarah dari keyboard itu sendiri.

Penyusunan seperti itu dimulai pada 1873. Ketika itu Christopher Latham Sholes mencoba memperbaiki kinerja mesin tik pertamanya agar lebih cepat dan efisien ketika mengetik. Mesin tik itu dipesan E. Remington and Sons.

Saat pertama dibuat, susunan huruf di mesin tik belum QWERTY. Akibatnya mesin tik sering macet akibat huruf yang sering dipakai saling berdekatan jaraknya. Lantas ia mengubah tampilan papan ketik itu dengan memisahkan huruf-huruf yang sering digunakan.

Secara tak sengaja Sholes menyusun rangkaian huruf di papan ketiknya itu berupa QWERTY pada baris pertama. Mesin tik dengan papan ketik model QWERTY itu dinamakan Remington dan menjadi mesin tik komersial pertama yang dibuat pada 1874.

Sejak itu, banyak alternatif susunan keyboard diciptakan untuk menggantikan QWERTY, seperti Dvorak Simplified Keyboard, yang diambil dari nama penciptanya August Dvorak. Adapula keyboard Colemak.

Meski banyak desain keyboard bermunculan dengan tujuan untuk meningkatkan kecepatan mengetik dan alasan ergonomik, namun keyboard QWERTY tetap menjadi acuan.

“Desain keyboard QWERTY dibuat untuk mengurangi macet secara mekanik pada mesin tik jaman dulu,” kata Alan Hedge, profesor pada Department of Design and Environmental Analysis di Cornell University.

Saat ini, ia menambahkan, komputer tak pernah mengalami masalah seperti itu, macet ketika mengetik. “Meski desain QWERTY bukan yang terbaik tapi rupanya kita sudah terbiasa dengan susunan seperti itu,” ucapnya.

Manusia adalah mahluk yang setia dengan kebiasaan. Ini merupakan salah satu sifat dasar manusia. “Kita sudah terbiasa dengan keyboard QWERTY dan itu sebabnya desain seperti itu terus dipertahankan,” kata Robert L. Goldberg, profesor di Universitas California. 

Sejarah Kenapa Keyboard Tersusun QWERTYBy Coba Liat.Published: 21.18
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger