Home » , » Manfaat dan Bahaya Mandi di Malam Hari

Manfaat dan Bahaya Mandi di Malam Hari

Manfaat dan Bahaya Mandi Malam - Cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh melalui mandi yang bersih. Normalnya, kita mandi dua kali sehari.  Namun pada beberapa orang, dikarenakan aktifitas dan kesibukan maupun kemalasan, mandi baru bisa dilakukan saat malam hari. Banyak yang bilang kalau sering mandi malam itu tidak baik untuk tubuh. Katanya sih bisa menyebabkan kita terserang rematik waktu tua nanti. Bener ga sih?

Beberapa keluhan seputar bahaya mandi malam antara lain : rematik, memang selalu dikait-kaitkan dengan kebiasaan seseorang yang kebetulan cukup sering mandi malam. Padahal belum ada penelitian medis perihal kaitan yang tegas antara mandi malam baik dengan air dingin maupun air hangat akan menyebabkan keluhan rematik. Nah loh, jadi?

Sekarang kita bahas masalah bahaya mandi malam yang pertama rematik dulu. Salah satu gejala rematik adalah seseorang yang sering merasakan nyeri sendi pada pagi hari dan nyeri sendi saat baru bergerak. Penyakit ini bisa menimpa semua usia, namun berisiko pada usia lanjut dan orang yang memiliki berat badan berlebih.

Bahaya mandi malam
Bahaya mandi malam
Rematik terdiri dari beberapa jenis. Jenis-jenis rematik tersebut bergantung pada penyebab terjadinya rematik. Sebagian besar bahaya mandi malam adalah rematik yang disebabkan oleh adanya peradangan pada sendi. Peradangan sendi ini pun dapat terjadi mulai dari kekurangan hormon estrogen, faktor genetik, osteoporosis, dan lainnya.

Jadi berhubungan ga nih dengan mandi malam?

Sobat, mandi malam tidak menyebabkan nyeri rematik, tapi mandi malam jelas memperberat keluhan nyeri rematik. Artinya, bagi mereka yang ternyata sudah menderita rematik, tidak dianjurkan mandi malam. Kalaupun memang ingin mandi, utamakan dengan air hangat. Rasa dingin akan memperberat nyeri sendi, dan ini tentu bukan sesuatu yang diharapkan.

Banyak juga orang yang menghubungkan rematik dengan jenis makanan tertentu selain kebiasaan mandi malam, sebenarnya tidak ada pantangan khusus untuk makanan. Biasanya yang terkait dengan pola makan adaalah penyakit asam urat dimana gejalanya memang mirip dengan rematik. Sebaiknya mulailah kenali bahaya mandi malam serta menjaga asupan makanan dan memperbanyak minum.

Jadi amannya gimana? Jika memang harus mandi malam alias tidak boleh tidak, tenang aja. Ada cara-cara mandi malam yang relatif aman untuk tubuh, misalnya tidak mandi malam dengan air dingin. Lalu keadaan badan sebaiknya tidak terlampau letih. Terus siramkan air mandi ke tubuh secara bertahap, sehingga badan akan menyesuaikan diri dengan air dingin tersebut (kalau mandi pakai air dingin, jadi badan nggak kaget). Tapi kalau bisa mandi sore, kenapa harus nunggu malam?

MANFAAT  MANDI MALAM :

Dibawah ini adalah manfaat mandi di malam hari
1. Memberikan Kesegaran yang Lebih
Air di malam hari  lebih banyak mengandung kadar dinginnya di siang hari. Jadi, ketika kita mandi pada malam hari, rasanya lebih segar.

2. Mendapatkan Ketengan
Ketika baru pulang dari beraktivitas seharian, badan penuh dengan keringat, capek, dan lunglai. Maka dengan mandi malampun anda bisa merasakan ketenangan yang lebih oleh air dingin yang mengalir pada tubuh anda.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Mandi malam juga dapat menurunkan tekanan darah.

4. Badan Lebih Terlihat Bersih
Dengan air yang segar, sehingga
tubuh anda akan terasa lebih bersih daripada mandi pada siang hari.

Bahaya mandi malam

BAHAYA MANDI MALAM :

Berikut ini adalah bahaya mandi malam
1. Paru Paru Basah ( Bronkhitis )
Banyak orang yang nyepelekan hal yang satu ini , seseorang yang setiap harinya sibuk dan terpaksa harus mandi malam dalam jangka panjang. Orang tersebut dapat terkena penyakit paru-paru basah.

2. Serangan Asam Urat
Mandi Malam dapat berakibat serangan asam urat pada tubuh kita, karena faktor malam yang membuat air terasa lebih dingin dari sore hari dan air dingin tersebut akan membuat nyeri sendi.

3. Memperparah Nyeri Rematik
Buat Anda yang punya penyakit rematik di anjurkan jangan melakukan mandi di malam hari , karena apabila hal ini di lakukan penyakit rematik Anda akan tambah nyeri dan parah.

4. Punuaan Dini
Seseorang yang lebih sering beraktifitas,banyak kerjaan dan sibuk biasanya terlalu banyak pikiran yang menumpuk di otak. Apabila anda mandi malam saat banyak pikiran dapat membuat Anda stress, karena orang yang masih banyak pikiran mandi malam dengan air yang terasa dingin membuat temperatur tubuh tidak normal.

Demikianlah info dari tentang Manfaat dan Bahaya Mandi Malam Hari semoga dapat menambah wawasan anda.

Manfaat dan Bahaya Mandi di Malam HariBy ..Published: 22.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

8 komentar:

  1. Kebetulan, tempat tinggal saya berada di daerah pegunungan. Tentu saja airnya lebih dingin dari daerah dataran rendah. Siang hari pun airnya lebih dingin dari air yg di dataran rendah. Nah jdi gimana nih?

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Silahkan.. terserah anda.
      Trimakasih ya, udh mampir ke sini.

      Hapus
  3. nama lain dari paru paru basah adalah pneumonia yang benar

    BalasHapus
  4. Mandi malam memang sangat tidak disarankan, lebih baik jangan mandi malam Ketahui Bahayanya Mandi Malam Hari

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger