Home » , » 7 Cara Sederhana Menurunkan Berat Badan

7 Cara Sederhana Menurunkan Berat Badan

7 Cara Sederhana Menurunkan Berat BadanTernyata jika ingin langsing atau mendapatkan berat badan ideal, setiap orang hanya perlu memegang teguh cara lama yaitu perubahan pola makan dan rutin berolahraga. Tapi bukan berarti dengan begitu diet jadi terasa membosankan.

cara sederhana menurunkan berat badan ini dinilai sangat sederhana sekali karena di memerlukan alat berat untuk membakar lemak yang berlebih dan cukup hanya melakukan hal-hal yang ringan saja. Kita langsung saja simak cara sederhana menurunkan berat  badan.

7 Cara Sederhana Menurunkan Berat Badan

Berikut ini adalah 7 Cara Sederhana Menurunkan Berat Badan :


1. Bersepeda
Seorang trainer kebugaran dari Scarsdale, New York, Brad Schoenfeld mengatakan yang dimaksud disini tak hanya bersepeda dalam artian yang sebenarnya, tapi juga 'cycling' atau mengubah asupan kalori sepanjang minggu. Menurut Brad, metode ini akan memperlancar proses penurunan berat badan Anda karena dapat memanipulasi metode penyimpanan lemak tubuh.

Penulis buku Women's Home Workout Bible itu mencontohkan jadi misalnya seseorang menargetkan asupan kalorinya sebesar 1.500 kalori perhari, maka ia disarankan untuk mengonsumsi 1.200 kalori di hari Senin, 1.500 kalori di hari Selasa dan 1.800 kalori di hari Rabu, lalu mengulanginya lagi di minggu-minggu berikutnya.

"Ini membantu menekan mekanisme tubuh yang memicu rasa lapar, dan mengubahnya menjadi proses pembakaran lebih banyak lemak," tutur Schoenfeld.

2. Lakukan latihan fisik ringan tapi rutin
"Efek hidup sedenter atau kurang gerak seperti duduk di dalam kubikel selama 8 jam tak selalu dapat ditanggulangi dengan olahraga di gym selepas pulang kantor," jelas Dr. Marc Tinsley, seorang pakar kesehatan dan kebugaran dari Monroeville, Pa.

Sebaliknya melakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan cepat atau jumping jack beberapa kali yang biasa disebut dengan NEAT (Non-Exercise Activity Thermogenesis), justru bisa membakar lebih banyak kalori dalam tubuh Anda.


3. Tidak berolahraga secara berlebihan

Mengapa tidak baik? "Latihan fisik selama lebih dari 45 menit justru dapat merangsang produksi hormon stres yaitu kortisol, yang pada akhirnya juga memicu produksi lemak," terang Dr. Tinsley.

Tapi lain halnya jika dalam sehari dilakukan dua sesi latihan fisik dengan durasi masing-masing 30 menit. Menurut Dr. Tinsley ini akan mengubah tubuh menjadi sebuah mesin pembakar lemak.

4. Olahraga sebelum sarapan
"Waktu terbaik untuk berolahraga atau aerobik adalah sebelum sarapan. Karena saat itu kadar insulin Anda berada pada titik terendah, sehingga energi yang digunakan untuk latihan harus berasal dari lemak," tandas Dr. Kathleen Hickey, seorang dokter spesialis bariatrik dari Hillsborough, New Jersey.

Dengan begitu mau tak mau lemak di tubuh yang menyebabkan berat badan Anda meningkat menjadi terbakar dan berkurang.

5. Atur jam tidur
Menurut Manuel Villacorta, seorang pakar diet dari San Fransisco yang juga jubir American Dietetic Association, orang-orang yang tidur kurang dari lima jam tiap malamnya berpeluang sebesar 73 persen untuk mengalami obesitas. Tapi dengan tidur antara 5-6 jam, peluang itu akan berkurang hingga tinggal 27 persen.

"Tidur itu sangatlah penting bagi orang yang ingin diet, karena hormon lapar yaitu ghrelin cenderung meningkat jika Anda kurang tidur. Lebih baik lagi jika Anda tidur selama tujuh jam," terangnya.

6. Jangan makan siang hanya dengan salad
Villacorta juga mengatakan mentang-mentang diet, jangan sampai Anda makan siang hanya dengan salad. Bahkan ini dikatakannya sebagai pola makan terburuk untuk menjaga berat badan. "Lebih baik tambahkan dengan sandwich atau semangkuk sup kacang," imbuhnya.


Meskipun rendah kalori, tidak adanya karbohidrat dalam salad tersebut justru takkan menurunkan kadar hormon lapar yaitu ghrelin yang bertugas memberitahu otak kapan seseorang lapar dan ingin memakan sesuatu. Untuk itu, Villacorta lebih merekomendasikan makanan seperti buah-buahan, biji-bijian, pasta maupun roti untuk makan siang.


7. Hindari makanan yang cantumkan jumlah komposisi pada label
"Kalau Anda menemukan makanan berkemasan yang mencantumkan jumlah penyajian di sebelah komposisinya, maka hindari makanan tersebut. Karena hal ini biasanya mengidentifikasikan bahwa makanan ini mengandung banyak lemak dan zat pengawet," ungkap Dr. Carson Liu, seorang dokter bedah bariatrik dari Los Angeles.

Untuk itu Dr. Liu menyarankan bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badannya, hindari makanan olahan karena kandungan karbo, gula dan komposisi 'tersembunyi' lainnya. Begitu juga dengan makanan pesan antar.

Baca juga :

7 Cara Sederhana Menurunkan Berat BadanBy Andri an.Published: 05.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger