Home » , » Tips Melahirkan dengan Cara Normal

Tips Melahirkan dengan Cara Normal

Tips Melahirkan dengan Cara Normal - Melahirkan adalah sebuah moment luar biasa bagi seorang ibu terutama bagi mereka yang hendak baru merasakan rasanya melahirkan untuk yang pertama kali. Setiap wanita memang memiliki pengalaman yang berbeda-beda berkaitan dengan proses kelahirannya. Jadi akan ada jawaban yang berbeda antara orang satu dengan yang lainnya.

Namun pada umumnya, proses melahirkan hanya menyita rasa sakit yang sebentar saja yaitu ketika kontraksi yang menimbulkan sedikit rasa nyeri. Namun sesudahnya, seperti mendorong bayi itu semua mudah kok.Tips melahirkan normal ini adalah pertama jangan biarkan rasa takut membayang-bayangi anda yang justru bakal mengganggu proses kelahiran sang bayi.

Bagi ibu-ibu yang sedang menantikan kedatangan anak pertama tips melahirkan normal ini wajar saja merasa takut dan was-was lebih lagi jika ini adalah pertama kali menghadapi kelahiran. Namun tak usah khawatir dengan itu semua beberapa tips di bawah ini dapat anda coba dan mudah-mudahan membantu proses kelahiran dengan mulus. Sebaiknya anda juga berkonsultasi ke dokter dan mengikuti saran-saran yang harus dilakukan apa saja.

Tips melahirkan normal
Tips melahirkan normal

Tips Melahirkan dengan Cara Normal

Dibawah ini adalah tips melahirkan normal yang baik dan benar

1. Siapkan posisi yang tepat untuk bayi
Supaya proses kelahiran bayi lancar, anda juga perlu mengatur ruang luncur bagi sang bayi. Posisi bayi sedikit miring dengan kepala di bawah akan memudahkan keluarnya bayi. Anda bisa melakukan latihan disaat calon bayi berumur 3-4 tahun yaitu dengan melakukan latihan berlutut di lantai atau dengan posisi sedikit agak condong ke belakang. Kemudian bersandarlah pada bola fitness atau sebuah kursi sehingga lutut lebih rendah dari bokong. Dengan latihan ini sang calon bayi akan mengarah turun dan membantu pada saat bayi lahir.

2. Jaga selalu kesehatan
Tips melahirkan normal berikutnya, Agar pada saat melahirkan berjalan lancar, kesehatan sang ibu juga perlu diperhatikan. Para ibu direkomendasikan agar mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, minum susu, suplemen dari dokter, istirahat yang cukup dan banyak bergerak. Hal ini dilakukan karena dalam proses melahirkan anda membutuhkan banyak tenaga untuk mendorong sang bayi keluar.

3. Lakukan pijatan
Anda juga bisa melakukan pijatan-pijatan untuk melancarkan proses kelahiran sang bayi di minggu ke 3-4 bulan. Lakukan pijatan antara vagina dan daerah rektum supaya daerah tersebut lebih fleksibel, dapat membuka dan meregang dengan mudah serta mengurangi terjadinya robekan saat melahirkan.

4. Selalu aktif ketika kontraksi
Ketika mengalami kontraksi, para ibu cenderung jadi malas dan tidak ingin bergerak. Hal ini sangat tidak disarankan. Ketika kontraksi anda boleh beristirahat dan tiduran namun ketika sudah berhenti anda boleh berjalan-jalan sejenak. Jagalah posisi tubuh anda selalu tegak untuk mempercepat pembukaan dan membuat bayi turun dengan mudah

5. Posisi Jongkok
Tips melahirkan normal berikutnya yaitu melakukan posisi dengan cara berjongkok bisa mempermudah anda ketika melahirkan. Selain posisi jongkok anda juga bisa mencoba dengan posisi seperti bersujud dengan kepala dialasi dengan bantal.Posisi tersebut bisa membantu bayi keluar ke dalam serviks.

6. Minum Teh raspery
Teh raspery diyakini berkhasiat membantu melancarkan proses kelahiran. Minum hingga 4 cangkiir teh raspery setiap hari. Teh raspery juga tersedia dalam bentuk tablet siapminum.

Tips melahirkan normal

Tips agar menghidari melahirkan secara Caesar

Berikut ini adalah cara agar menghidari melahirkan secara Caesar.

1. Hindari Induksi Kecuali Memang Dibutuhkan
Studi yang sudah dilakukan berkali-kali menunjukkan persalinan yang dilalui melalui induksi berisiko menyebabkan caesar. Dr. Michael Klein dari Universitas British Columbia, yang kerap meneliti tentang proses caesar juga mengatakan hal serupa.

Menurut Klein, riset menunjukkan 44% wanita yang baru pertamakali melahirkan dan mendapatkan induksi, berakhir dengan menjalani caesar. Bandingkan dengan mereka yang melahirkan secara alami. Hanya 8% dari mereka yang pada akhirnya terpaksa caesar. 

2. Usahakan Tidak Terlalu Buru-buru Datang ke RS
Bagi wanita yang baru pertamakali menjadi ibu, pasti merasakan kekhawatiran dan bingung ketika mengalami kontraksi yang menjadi tanda-tanda awal melahirkan. Saat kontraksi dirasakan, wanita ingin buru-buru datang ke rumah sakit, khawatir sudah terjadi pembukaan. Padahal datang terlalu dini untuk menjalani proses persalinan bisa meningkatkan risiko Anda melahirkan secara caesar.

Dr. Elliott Main, direktur kebidanan di Sutter Health, Californa menyarankan agar para ibu menjalani persalinan awal di rumah sendiri, ketimbang di rumah sakit. Kenapa demikian? Menurut Dr. Elliott ini berkaitan dengan perasaan ibu. "Kegelisahan bisa membuat proses persalinan lebih lambat," jelasnya. Dan ketika berada di rumah sakit, biasanya yang dirasakan adalah ketidaknyamanan. Ruangan yang tidak homey dan kehadiran orang-orang asing serta berbagai pemeriksaan awal saat baru tiba di rumah sakit membuat ibu jadi gelisah, ketimbang tenang.

3. Pilih Dokter dan Rumah Sakit dengan Cermat
Kalau memang Anda sangat ingin melahirkan secara normal, teliti dulu sebelum memilih dokter dan rumah sakit untuk proses persalinan. Banyak-banyaklah membaca dan mencari tahu dokter dan rumah sakit mana yang mendukung ibu melahirkan normal.

Anda bisa membaca forum-forum kesehatan dan parenting di internet untuk mendapatkan informasi mengenai dokter kandungan yang mendukung melahirkan normal. Pengalaman teman atau saudara juga bisa menjadi referensi.

4. Bertanya
Beberapa situasi yang memang darurat, prosedur caesar harus dilakukan sesegera mungkin untuk menyelamatkan nyawa bayi. "Hal itu tidak bisa dinegosiasikan," ujar Dr. Timothy R.B. Johnson, ahli kandungan di Universitas Michigan. 

Namun, menurut Dr. Timothy, ada situasi dimana para orangtua bisa bertanya pada dokter apakah memang proses caesar benar-benar perlu dilakukan. Dia mencontohkan, misalnya dokter mengatakan bayi terlalu besar untuk dilahirkan dengan proses normal. "Pembicaraan bisa dilakukan. Anda bisa bertanya, apakah memang bayinya besar? Seberapa besar," ujarnya. "Kemampuan kami menduga ukuran bayi tidaklah absolut. Aku pernah menduga bayi beratnya 11 pound, namun ternyata setelah dilahirkan hanya 7 pound," jelasnya lagi.

Demikian beberapa Tips Melahirkan dengan Cara Normal Semoga tips-tips di atas bisa berguna bagi para ibu hamil.

Tips Melahirkan dengan Cara NormalBy Andri an.Published: 22.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger