Home » , » Nama-nama Patung di Jakarta

Nama-nama Patung di Jakarta

Nama-nama Patung di Jakarta - Jakarta sebagai ibukota negara memiliki gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi dan bangunan-bangunan tua yang masih bertahan sampai hari ini. Selain itu, Jakarta juga memiliki beberapa patung yang letaknya tersebar di seluruh penjuru Jakarta.

Jakarta juga identik dengan kata banjir, macet dan nama patung di jakarta yang mempunyai nilai sejarah. Tiap hari selalu macet, terutama pagi hari di jam berangkat kantor dan sore hari di jam pulang kantor. Kalau siang hari? padat-lancar jika cuaca bagus. Tapi tetep aja bikin kita sering telat datang di acara-acara kita. Apalagi hari Jumat, haduh, nggak pagi, siang, sore, malem, tengah malem, pasti macet. Kalo hujan dikit, banjir datang, ada banjir, jalanan macet lagi.

Dan satu hal lagi, kalau anda lagi jalan-jalan di Jakarta, jangan pernah melihat sungainya karena sangat banyak sekali sampahnya dan airnya juga berwarna hitam. Selain itu baunya sangat tidak enak alias bau pesing karena sudah tercemar oleh limbah pabrik yang membuang limbahnya sembarangan. Jadi meskipun semua itu terjadi di ibu kota namun bicara soal tata kota Jakarta sebenarnya lumayan juga karena banyak sekali patung di jakarta yang menghiasi indahnya pemandangan disaat anda terjebak macet.

patung di jakarta
nama-nama patung di jakarta

Nama-nama patung di jakarta

Dibawah ini adalah nama-nama patung di jakarta

1. Monumen Selamat Datang
patung di jakarta

Patung yang didesain dengan bentuk sepasang manusia yang sedang menggenggam bunga dan melambaikan tangan adalah simbol selamat datang yang diperuntukan bagi para pendatang yang mengunjungi Jakarta.

2. Patung Pahlawan/Tugu Tani
patung di jakarta

Nama patung di jakarta kali ini bertemakan pahlawan atau yang dikenal dengan Tugu tani adalah pemberian hadiah dari pemerintah Uni Soviet ketika masih ada, di desain oleh pematung ternama Rusia yakni Matvel Manizel dan Otto Manizer. Patung ini dibuat dari bahan perunggu dan didesain berupa seorang petani dan seorang wanita yang memberikan bekal kepada petani tersebut. Pada patung ini ditempelkan plakat yang berbunyi voetstuk yang berarti "bangsa yang menghargai pahlawannya adalah bangsa yang besar".

3. Patung Dirgantara/Patung Pancoran
patung di jakarta

Terletak dikawasan Pancoran, Patung Dirgantara atau yang lebih dikenal dengan sebutan Patung Pancoran ini adalah permintaan dari Bung Karno. Saat itu, beliau ingin menampilkan keperkasaan bangsa Indonesia di bidang Dirgantara. Desain Patung Pancoran ditekankan dengan arti untuk mencapai keperkasaan, bangsa Indonesia mengandalkan sifat-sifat jujur, berani dan bersemangat.

4. Patung Pemuda Membangun
patung di jakarta

Patung yang terletak di Kawasan Bunderan Senayan ini dibangun dengan tujuan untuk mendorong semangat membangun yang hakekatnya harus dilakukan oleh para pemuda-pemuda Indonesia.

5. Patung Jenderal Sudirman
patung di jakarta

Sesuai dengan namanya patung di jakarta ini didesain dengan seorang sosok pahlawan nasional Jenderal besar, Jenderal Sudirman. Berdiri kokoh disalah satu jalan di Jakarta patung Sudirman didesain dengan sosok Jenderal digambarkan menghormat dan kepala sedikit mendongak untuk memberikan kesan yang dinamis.

6. Patung Kuda Arjuna Wijaya
patung di jakarta

Dibuat oleh pematung berdarah Bali, Nyoman Nuarta menggambarkan sisi pewayangan yang ada dalam kisah wayang Indonesia. Patung ini digambarkan Arjuna dan Batara Kresna bertempur melawan adipati karna. Dengan menunggangi 8 kuda yang mempunyai makna bahwa seorang pemimpin harus hidup berdasarkan 8 unsur penopang kehidupan.

Itulah info artikel mengenai nama-nama patung di jakarta semoga dapat menambah pengetahuan umum anda.

Nama-nama Patung di JakartaBy ..Published: 22.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger