Home » , » Jelajahi Laut Bali Bersama Si Ikan Matahari

Jelajahi Laut Bali Bersama Si Ikan Matahari



berenang bersama ikan mola-mola di Nusa Penida, Bali (Foto: bali-directory)
berenang bersama ikan mola-mola di Nusa Penida, Bali 
SURGA bawah air di Pulau Bali mungkin masih belum terlalu terkenal di kalangan para penyelam, seperti halnya Bunaken, Raja Ampat, dan Wakatobi. Namun, keindahan bawah laut di Bali ternyata mempunyai keunikan, terutama bagi penyelam.

Di Nusa Penida, Bali, ada satu hewan laut yang fenomenal dan menjadi ikon bagi kota ini, hingga menarik banyak penyelam untuk datang melihatnya. Hewan tersebut adalah ikan mola-mola. Ikan ini adalah ikan besar dengan tulang terberat didunia, yaitu sebesar 1.000 kilogram bagi ikan dewasa.

Ikan mola-mola juga mempunyai bentuk yang aneh, yaitu pipih dengan sirip di atas dan di bagian bawah tubuhnya, serta bentuk ekor yang aneh. Makanan utama dari ikan mola-mola adalah ubur-ubur, dan ikan ini gemar berenang di kedalaman 600 meter di bawah permukaan laut beriklim tropis.

Ikan mola-mola juga kerap disebut sebagai sebagai sunfish atau ikan matahari karena bentuknya bulat dan besar seperti matahari. Demikian seperti dilansir Triptourism,

Banyak penyelam yang datang ke Nusa Penida khusus untuk melihat ikan ini. Namun, tidak semua yang telah menyelam dapat melihat ikan ini. Banyak penyelam mancanegara yang bersedia membayar mahal pemandu apabila mereka berhasil melihat ikan mola-mola. Namun, memang hanya yang beruntung yang dapat melihat ikan unik ini.

Ikan mola-mola kerap muncul di perairan Nusa Penida sekira Juni hingga Oktober, di tempat yang khusus dinamakan para penyelam sebagai Blue Corner dan Cristal Bay. Ikan ini umumnya muncul dua hingga delapan ekor.

sumber : okezone.com

Jelajahi Laut Bali Bersama Si Ikan MatahariBy ..Published: 16.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger