Home » , » Kawah Karaha, Euforia Warna Alam yang Menghibur Mata

Kawah Karaha, Euforia Warna Alam yang Menghibur Mata

Kawah Karaha dengan tiga warna yang kontras (Foto: Lydia/Okezone)


GARUT - Di balik wilayah yang tidak terlalu luas, Garut ternyata mempunyai sejumlah gudang alam yang menyimpan panorama tak terlupa. Hamparan pegunungan vulkanik yang mengelilingi kota ini menarik wisatawan lokal dan mancanegara untuk menapaki keindahannya.

Masih dalam dua hari tur "Javas Fun Rover" bersama Javas Tours, destinasi pertama dari petualangan Okezone adalah kawasan pegunungan timur Garut. Tempo perjalanan sekira 2,5 jam dari Cileunyi, Bandung. Namun, keasyikan bercanda dan bergoyang bersama Land Rover yang kami tumpangi, si Ujang, membuat perjalanan di trek menanjak itu terasa singkat.

Pemandangan alam saat perjalanan pun amat tak terlupa. Suguhan kebun stroberi berwarna-warni dan rindangnya pohon karet yang menjadi komoditi desa tersebut menjadi satu padu yang menyejukkan hati. Sampai perjalanan, kami terhenti di sebuah portal panjang, menghentikan pandangan indah sejenak untuk meminta izin masuk ke kawasan eksplorasi energi geotermal PT Pertamina.

Izin pun didapat, dan kami melanjutkan perjalanan. Hanya selang beberapa menit, kami pun tiba dispot alam pertama. Kawah Karaha, lapangan fumarol seluas 250 x 80 meter yang berisi deposit belerang. Kawah ini mempunyai karakteristik ledakan pheratik, yaitu tipe letusan gunung yang mengeluarkan air panas dan uap panas.

Namun, terik matahari, asap panas, dan pipa milik Pertamina tak memudarkan pandangan eksotika alamnya. Pemandangan kontras antara hutan yang kering akibat kebakaran hutan, bebatuan kapur putih, persawahan di atas gunung, pepohonan pinus yang rindang, dan sumber geotermal dengan didihan air belerangnya berada dalam satu komplek lapangan, membuat euforia warna alam yang menghibur mata!

“Pemandangan kawahnya bagus untuk dilihat. Ada hutan yang terbakar bewarna kemerahan, bikin warnanya semakin beragam. Tapi, kurang diperhatikan daerah bahayanya yang mana, tidak ada penanda warning untuk pengunjung,” kesan Imran Aulia, salah seorang peserta tur.

Kawah Karaha, Euforia Warna Alam yang Menghibur MataBy Andri an.Published: 19.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger