Home » » Waspadai 3 Jenis Makanan dan Minuman Pemicu Kanker

Waspadai 3 Jenis Makanan dan Minuman Pemicu Kanker


Penyebab kanker memang tidak dapat diketahui secara pasti dan merupakan perpaduan dari banyak faktor. Meski begitu, penelitian menemukan bahwa konsumsi makanan dan minuman tertentu ternyata dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

Bahan-bahan tersebut sebenarnya secara sederhana dapat dikategorikan menjadi tiga bagian, antara lain karsinogenik atau bahan penyebab kanker, diduga dapat menyebabkan kanker, dan yang kemungkinan tidak menyebabkan kanker. Inilah tiga makanan dan minuman utama yang diduga dapat meningkatkan risiko kanker.

Daging merah

Daging merah adalah sumber protein, zat besi, dan seng yang baik. Tetapi mengonsumsi terlalu banyak daging merah dan produk berbahan dasar daging merah ternyata berkorelasi dengan meningkatnya risiko kanker usus. Yang dimaksud daging merah adalah daging yang saat belum dimasak mempunyai warna merah, antara lain daging sapi dan daging kambing.

Produk daging olahan, antara lain ham, sosis, dan daging asap, bukan lagi termasuk kelompok yang diduga dapat menyebabkan kanker tetapi sudah dikategorikan sebagai bahan karsinogenik. Artinya, daging olahan berada dalam kategori yang sama dengan rokok dan konsumsi alkohol berlebihan sebagai penyebab kanker.

Konsumsi daging merah dan produk daging olahan secara berlebihan terkait dengan peningkatan risiko kanker usus. Para ahli menyimpulkan bahwa tiap 50 gram daging olahan, yaitu setara dengan ukuran hot dog rata-rata, dapat meningkatkan risiko kanker usus hingga 18 persen. Selain kanker usus, konsumsi daging merah berlebihan juga diduga dapat meningkatkan risiko kanker pankreas dan prostat.

Makanan kemasan

Penelitian menemukan bahwa sebagian makanan ringan kemasan, seperti keripik kentang, mengandung bahan yang kemungkinan dapat memicu kanker, yaitu akrilamida. Bahan ini dapat terbentuk saat makanan yang kaya karbohidrat (mengandung tepung dan gula) dipanggang atau digoreng. Selain itu kemasan vinil klorida juga merupakan bahan yang bersifat karsinogenik atau memicu kanker.

Dalam makanan dan minuman kemasan itu sendiri, ternyata terdapat beberapa bahan yang diperdebatkan apakah memicu kanker atau tidak. Di antaranya adalah:

- Pemanis buatan
- Bahan pengawet
- Sodium nitrit

Baca label sebelum mengonsumsi makanan dan minuman kemasan untuk mengetahui apakah terdapat kandungan zat-zat di atas.

Minuman keras

Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras membuat pengonsumsi lebih berisiko mengalami kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker payudara, kanker usus, serta kanker hati.

Tidak ada satupun obat, suplemen, atau makanan yang dapat mencegah datangnya kanker. Risiko kanker hanya dapat dikurangi dengan memraktikkan gaya hidup sehat tiap hari. Makan makanan bergizi, rutin berolahraga, serta mendapatkan paparan sinar matahari pagi adalah beberapa hal yang tak boleh dilupakan.

Agar lebih maksimal, Anda bisa mengggunakan alat bantu kesehatan yang bisa menekan risiko kanker. Seperti kalung dan gelang Ginsamyong yang mengandung serbuk batu Tourmaline dengan manfaat serupa sinar matahari pagi serta manfaat kesehatan lainnya. Apa saja? Klik di sini.

Waspadai 3 Jenis Makanan dan Minuman Pemicu KankerBy Unknown.Published: 00.48
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger