Home » , » Kaya Wisata Budaya, Turis Asing Makin Betah di Solo

Kaya Wisata Budaya, Turis Asing Makin Betah di Solo


SOLO - Kunjungan wisatawan asing ke Kota Solo sejak Januari hingga September 2012 mengalami penurunan dibanding tahun lalu pada periode yang sama. Meski turun, lama tinggal ternyata mengalami peningkatan alias mereka makin betah.

“Menurut catatan kami di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, pada tahun 2012 ini kunjungan wisatawan asing ke kota Solo ada 24.630 wisatawan. Sedang tahun 2011 lalu, pada periode yang sama, mencapai 27.060 wisatawan,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Widdi Srihanto, saat dikonfirmasi terkait kunjungan wisatawan di Solo, Jawa Tengah.

Sementara, lama tinggal wisatawan asing dalam kunjungan ke Kota Solo, tambah Widdi Srihanto, mengalami peningkatan dari sehari menjadi dua hari. “Jumlah itu belum mencakup seluruhnya, termasuk yang menginap di luar hotel, seperti homestay, belum tercatat. Padahal, itu tidak sedikit,” jelasnya.

Di sisi lain, ujarnya, pada 2012 ini jumlah wisatawan domestik justru meningkat. Bila 2011 lalu tercatat 1,2 juta orang wisatawan domestik sedangkan hingga September 2012 meningkat menjadi 1,5 juta wisatawan.

Widdi mengatakan, selama di Kota Solo, wisatawan asing umumnya berkunjung ke obyek wisata Keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran, juga Candi Sukuh dan Ceto di Kabupaten Karanganyar. “Untuk wisatawan domestik, umumnya berkunjung ke Taman Balekambang, Taman Satwa Taru Jurug, dan Pasar Klewer,” terangnya.

Selain obyek wisata, menurut Widdi, wisatawan domestik juga datang ke Solo karena ingin menyaksikan perhelatan wisata budaya, seperti Solo Batik Carnival (SBC), Solo International Performing Art (SIPA), Peringatan Satu Suro, dan sebagainya.

Kaya Wisata Budaya, Turis Asing Makin Betah di SoloBy ..Published: 20.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger