Home » , » Penggal Kepala Bos Kriminal, Wakil Walikota Hadiahi Rp1 M

Penggal Kepala Bos Kriminal, Wakil Walikota Hadiahi Rp1 M

Foto : IST

DAVAO - Wakil Walikota Davao, Filipina, menawarkan uang tunai sebesar USD121 ribu atau sekira Rp1,1 miliar bagi siapapun yang bisa memenggal kepala ketua kelompok kriminal pencuri mobil. Ketua kelompok kriminal itu bernama Ryan Yu.

Wakil Walikota Davao Rodrigo Duterte menawarkan sayembara berhadiah bagi siapapun yang bisa menangkap Ryan Yu dalam keadaan hidup, mereka akan diberikan USD48.400 (Rp464 juta). Namun bila seseorang berhasil membunuhnya, Duterte siap memberikan USD96.800 (Rp929 juta).

Duterte pun akan memberikan dana tambahan senilai USD24.200 (Rp234 juta) bila kepala Yu dipenggal. Duterte meminta agar kepala Yu dimasukkan ke dalam karung berisi es agar tidak bau. Demikian, seperti diberitakan Daily Mail.

Sayembara heboh itu dikecam keras oleh aktivis HAM dan Komisi Ham Filipina. Menurut Ketua Komisi HAM Filipina Lorreta Rosales, Duterte sudah melangar hukum dengan menetapkan hukuman tanpa proses peradilan.

Rosales mendesak Menteri Dalam Negeri Filipina Mar Roxas untuk menindaklanjuti Duterte. Selain menggelar sayembara kontroversi, Duterte juga dituduh mengoperasikan pasukan khusus yang bertanggung jawab atas kematian dari 200 tersangka kriminal pada 2004 hingga 2009 silam. Meski demikian, Duterte menepis tuduhan itu.

Duterte memang terkenal dalam reputasinya dibidang penangkapan anggota kriminal Filipina dan politik Filipina. Putri Duterte menjabat sebagai walikota di salah satu wilayah Filipina. Sementara itu putranya, Paolo, masih berambisi untuk merebut kursi wakil walikota.

Sayembara pemenggalan Yu juga menjadi bagian dari janji kampanye Duterte beberapa tahun silam. Salah seorang pejabat Filipina menilai, sayembara penangkapan Yu bersifat legal, namun pembunuhan tetaplah tidak dapat dibenarkan.

Penggal Kepala Bos Kriminal, Wakil Walikota Hadiahi Rp1 MBy ..Published: 02.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger