Home » , » Penyebab Warisan Budaya RI Diclaim Oleh Negara Lain

Penyebab Warisan Budaya RI Diclaim Oleh Negara Lain

Tari Tor-tor, yang sempat ramai dengan isu klaim oleh Negeri Jiran (Foto: Heru/Okezone)

DENPASAR - Warisan budaya tak benda di Indonesia, seperti tradisi lisan, kesenian, adat hinggafoklore, belum terinventarisasi dengan baik. Banyak potensi budaya lain mendesak didata.

Menurut Dosen Antropolgi Universitas Indonesia Dr Ir Yophie Septiady, belum optimalnya sistem pencatatan warisan budaya tak benda sangat ironis dengan kekayaan budaya yang dimiliki. Indonesia merupakan negara yang sangat kaya warisan budaya tak benda, seperti tradisi lisan, kesenian, adat istiadat, ritus, cerita rakyat, praktek keagamaan, dan budaya.

"Kelemahan mendasar karena orang Indonesia menganggap semua warisan budaya tak benda sebagai satu hal yang biasa-biasa saja, tanpa makna berarti, apalagi mau dipelajari dan diteliti," ujarnya saat menjadi pembicara dalam Sosialisasi Pencatatan Budaya Tak Benda di Denpasar, Bali.

Selain itu, masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui akar budaya dari warisan budaya tak benda tersebut. Menurutnya, mengetahui akar budaya sangat penting sebagai landasan soal kepemilikan, dan bisa dijelaskan bila terjadi pengklaiman dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Dia menilai, hingga saat ini proses pencatatan belum terintegrasi dengan baik dan masih banyak muatan kepentingan dan politik lainnya. Hal senada disampaikan Kasubdit Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Restu Gunawan. Dari pencatatan terakhir, saat ini baru sekira 2108 warisan budaya tak benda yang tercatat. Sementara, pencatatan warisan budaya benda sejumlah 11.627 benda tak bergerak dan 53.585 benda bergerak.

"Kekayaan budaya tak benda kita luar biasa biasa banyaknya, masih ada ribuan yang belum dicatat karena berbagai faktor, di antaranya tidak bisa diterjemahkan ke dalam konsep ilmiah," ujar Restu.

Penyebab Warisan Budaya RI Diclaim Oleh Negara LainBy ..Published: 18.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger