Home » , » Wah, Manusia Purba Sangiran Diajak Keliling Naik Truk!

Wah, Manusia Purba Sangiran Diajak Keliling Naik Truk!

Manusia Purba Sangiran di Atrium Kota Kasablanka (Foto: Adhia/Okezone)

JAKARTA – Manusia purba dari Museum Sangiran dipamerkan di lima mal di lima kota, dengan berbagai koleksinya. Menariknya, mereka dibawa menggunakan truk!

Fosil berupa tengkorak, tanduk , gading gajah, dan manusia purba Homo Erectus menjadi sebagian dari koleksi yang dipamerkan di Atrium Kota Kasablanka, Jakarta, mulai Rabu, 14 November 2012, malam. Koleksi-koleksi tersebut dibawa langsung dari Sangiran ke Ibu Kota. Setelah melalui perjalanan darat yang panjang, tepatnya menggunakan truk, benda-benda bersejarah itupun sampai di mal.

“Mereka dibawa menggunakan truk karena banyak, ada sekitar 30 koleksi yang dipamerkan” jelas Harry Widianto, Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, pada pembukaan road show Manusia Purba Sangiran di Atrium Kota Kasablanka, Jakarta.

Harry menambahkan, usianya yang sudah sangat tua menjadikan tekstur fosil ini padat dan penuh mineral sehingga tidak mudah rusak. Fosil ini juga tidak akan terpengaruh oleh suhu, cuaca, ataupun kelembapan udara. Hanya guncangan besar yang membuat benda-benda ini rusak.

“Untuk mengantisipasi guncangan selama perjalanan, benda tersebut ditempatkan dalam sebuah kotak kayu yang sudah diberi busa berkualitas tinggi. Busa tersebut dibentuk sesuai dengan bentuk fosil yang akan dikemas,” jelasnya.

Setiap fosil memiliki tempatnya sendiri, berbagai upaya juga dilakukan untuk meminimalisir kerusakan. Sesampainya di mal, fosil tersebut ditata semenarik mungkin agar mampu “mengajak” pengunjung menjelajahi zaman purba lebih jauh lagi.

Selesai pameran di Atrium Kota Kasablanka, fosil-fosil ini tidak langsung dibawa kembali ke “rumahnya”, namun masih terus dipamer di kota lain lainnya. “Kami terus menggunakan truk untuk pergi ke daerah-daerah. Selesai dari sini, kami hanya punya dua hari untuk pergi ke Bandung. Selesai dari sana, kita juga cuma punya waktu dua hari ke Yogyakarta, begitu seterusnya,” tandasnya.

Road show Manusia Purba Sangiran berlangsung di lima kota besar di Indonesia. Road show pertama kali dilakukan di Jakarta. Kemudian, situs manusia purba Sangiran juga akan dipamerkan di Paris van Java, Bandung, pada 22-25 November 2012. Perjalanan dilanjutkan menuju Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta, pada 29 November-2 Desember 2012. Di kota ini, road show akan lebih istimewa karena akan lebih banyak koleksi yang ditampilkan.

Di Surabaya, manusia purba Sangiran akan hadir pada 6-9 Desember 2012 di Grand City Mal. Pulau Bali akan menjadi tempat terakhir kunjungan manusia purba Sangiran. Anda dapat menemuinya di Discovery Shopping Mal, Denpasar, pada 13-16 Desember 2012.

Wah, Manusia Purba Sangiran Diajak Keliling Naik Truk!By ..Published: 16.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger