Home » , » Wisata Kota Kembang Bandung

Wisata Kota Kembang Bandung

Wisata Kota Kembang Bandung - Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut jumlah penduduk. Sedangkan wilayah Bandung Raya (Wilayah Metropolitan Bandung) merupakan metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jabodetabek dan Gerbangkertosusila (Grebangkertosusilo).

Kota Bandung juga dikenal dengan sebutan Kota kembang yang mana merupakan sebutan lain untuk kota ini, karena pada jaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Selain itu Bandung dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya. Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner. Dan pada tahun 2007, British Council menjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur. Saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan.


Sejak dibukanya Jalan Tol Cipularang, kota Bandung telah menjadi tujuan utama dalam menikmati liburan akhir pekan terutama dari masyarakat yang berasal dari Jakarta sekitarnya. Selain menjadi kota wisata belanja, kota Bandung juga dikenal dengan sejumlah besar bangunan lama berarsitektur peninggalan Belanda, diantaranya Gedung Sate sekarang berfungsi sebagai kantor pemerintah provinsi Jawa Barat, Gedung Pakuan yang sekarang menjadi tempat tinggal resmi gubernur provinsi Jawa Barat, Gedung Dwi Warna atau Indische Pensioenfonds sekarang digunakan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk Kantor Wilayah XII Ditjen Pembendaharaan Bandung, Villa Isola sekarang digunakan Universitas Pendidikan Indonesia, Stasiun Hall atau Stasiun Bandung dan Gedung Kantor Pos Besar Kota Bandung.

Kota Bandung juga memiliki beberapa ruang publik seni seperti museum, gedung pertunjukan dan galeri diantaranya Gedung Merdeka, tempat berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika pada tahun 1955, Museum Sri Baduga, yang didirikan pada tahun 1974 dengan menggunakan bangunan lama bekas Kawedanan Tegallega, Museum Geologi Bandung, Museum Wangsit Mandala Siliwangi, Museum Barli, Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan, Gedung Indonesia Menggugat dahulunya menjadi tempat Ir. Soekarno menyampaikan pledoinya yang fenomenal (Indonesia Menggugat) pada masa penjajahan Belanda, Taman Budaya Jawa Barat (TBJB) dan Rumentang Siang.

Kota ini memiliki beberapa kawasan yang menjadi taman kota, selain berfungsi sebagai paru-paru kota juga menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat di kota ini. Kebun Binatang Bandung merupakan salah satu kawasan wisata yang sangat diminati oleh masyarakat terutama pada saat hari minggu maupun libur sekolah, kebun binatang ini diresmikan pada tahun 1933 oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda dan sekarang dikelola oleh Yayasan Margasatwa Tamansari. 

Kota Bandung dikenal juga dengan kota yang penuh dengan kenangan sejarah perjuangan rakyat Indonesia pada umumnya, beberapa monumen telah didirikan dalam memperingati beberapa peristiwa sejarah tersebut, diantaranya Monumen Perjuangan Jawa Barat, Monumen Bandung Lautan Api, Monumen Penjara Banceuy, Monumen Kereta Api dan Taman Makam Pahlawan Cikutra.


Wisata Kota Kembang Bandung


Nama-nama Kawasan Tempat wisata,  dan Kuliner Di kota Kembang Bandung

Berikut ini adalah daftar tempat wisata kota Bandung



  1. Taman Makam Pahlawan Cikutra
  2. Museum Geologi
  3. Gedung Satu Bandung
  4. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat
  5. Kebun Binatang Bandung
  6. Taman Ganesha Bandung
  7. Taman Lansia Bandung
  8. Pusat Sepatu dan Tas
  9. Museum Pos Indonesia
  10. Taman Lalu Lintas Bandung
  11. Museum Mandala Wangsit Siliwangi
  12. Museum KAA Bandung
  13. Alun-alun Masjid Agung Bandung
  14. Monumen Bandung Lautan Api
  15. Taman Tegalega – Astana Anyar
  16. Taman Kota Bandung – Jl. Merdeka
  17. Lapangan Gasebu Bandung (Gabungan Sepakbola Bandung Utara)
  18. Taman Kantor Pemerintah Kota Bandung
  19. Bandung Tempo Doeloe – Jl. Braga
  20. Pusat Perbelanjaan Jins – Jl. Cihampelas
  21. Pusat Perbelanjaan Pasar Baru – Jl. Otto
  22. Pusat Perbelanjaan Kings Plaza – Jl. Kepatihan
  23. Pusat Factory Outlet Jalan Riau dan Jalan Dago
  24. Monumen Hussein Sastranegara – Jl. Pajajaran
  25. Museum Sri Baguda – Jl. Lingkar Selatan




Dan untuk soal kuliner kota ini juga memiliki berbagai jenis-jenis makanan Khas bandung seperti berikut ini :

Kuliner Kota Kembang Bandung


  1. Batagor
  2. Brownies Amanda
  3. Surabi
  4. Peuyeum
  5. Cendol
  6. Surabi
  7. Oncom
  8. Peuyeum Bandung
  9. Colenak
  10. Cireng
  11. Karedok
  12. Ambokueh
  13. Lotek
  14. Bandrek
  15. Bajigur
  16. Ketan Bakar
  17. Bandros
  18. Bala-bala (bakwan)
  19. Gehu (toge tahu)
  20. De Risol
  21. Comro (Oncom di Jero)
  22. Cireng (aci di goreng)
  23. Cimol (aci di gemol)
  24. Cilok (aci di colok)
Demikianlah ulasan dari saya kiranya bisa membantu bagi yang ingin berwisata ke kota Bandung.. ^^



Wisata Kota Kembang BandungBy ..Published: 01.48
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger