Home » , » Air Mancur Merkuri di Barcelona, Cantik Tapi Berbahaya!

Air Mancur Merkuri di Barcelona, Cantik Tapi Berbahaya!

Air Mancur Merkuri di Barcelona

Kota Barcelona di Spanyol tak hanya nyentrik karena gedung warna-warni karya Antoni Gaudi saja. Ada air terjun unik yang alih-alih memancarkan air, melainkan bahan kimia berbahaya yakni merkuri.

http://coba-liat.blogspot.com/

Merkuri, atau biasa disebut 'quicksilver' adalah bahan kimia berbahaya. Teksturnya memang cantik bak perak cair. Tapi jangan salah, bahan kimia satu ini juga sangat beracun.


Dilansir dari Atlas Obscura, Spanyol adalah negara penghasil merkuri terbanyak di dunia selama bertahun-tahun. Beberapa perusahaan tambang berdiri di sekitar Kota Almaden. Namun sejarahnya cukup kelam, para pekerja tambang yang adalah buruh dan pelaku kriminal banyak yang meninggal akibat keracunan merkuri.


Saat pemerintah Spanyol berencana membuat monumen terkait merkuri ini, mereka meminta seniman asal AS untuk membuat karya seni cantik yang ikonik. Seniman bernama Alexander Calder itu pun kemudian membuat air mancur yang mengeluarkan merkuri.

Sekarang, wisatawan yang traveling ke Barcelona bisa melihatnya langsung di museum seni modern Fundacio Joan Miro. Air mancur ini masih terus mengeluarkan merkuri murni. Tenang saja, sekeliling air mancur ini diberi kaca sehingga turis tak bisa menyentuh ataupun menghirupnya.

Air Mancur Merkuri di Barcelona, Cantik Tapi Berbahaya!By ..Published: 00.30
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger