Home » , , » Sultan Brunei Punya Istana Terbesar di Dunia

Sultan Brunei Punya Istana Terbesar di Dunia

Sultan Brunei Punya Istana Terbesar di Dunia - Brunei Darussalam terkenal dengan negara yang kaya. Benar saja karena negara ini punya istana terbesar di dunia.

Menurut Guiness Book of Record, sebuah istana harus ditinggali setidaknya oleh satu keluarga kerajaan dan hanya dihitung berdasar luas lantai di dalam ruangan. Jika menarik pertimbangan dari sana, berarti Istana Nurul Iman dinilai sebagai istana terbesar di dunia, seperti ditengok dari Asean Records.

Istana ini berada di tepi Sungai Brunei, beberapa kilometer ke arah selatan Bandar Seri Begawan. Di tengah pepohonan hijau di sana, berdiri istana terbesar didunia yang menjadi tempat tinggal Sultan Brunei yang megah dan mewah.


Istana terbesar didunia
Istana terbesar didunia
Bagian luar istana istana terbesar didunia yang bertabur emas ini didesain oleh seorang arsitektur asal Filipina bernama Leandro V Locsin. Ia membuat desain kubah dan aneka atap yang menggunakan gaya Malaysia dan Brunei. Sedangkan bagian dalamnya didesain oleh KCA International, sebuah perusahaan konstruksi yang juga mendesain Burj Al Arab.

Istana terbesar didunia

Istana terbesar didunia ini selesai pada tahun 1984 dan menghabiskan uang sekitar USD 1,4 milyar (Rp 15 trilyun). Istana ini punya 1.788 ruangan, termasuk 257 kamar mandi. Selain itu, ada pula aula yang bisa menampung hingga 5.000 tamu dan sebuah masjid yang bisa menampung 1.500 jamaah.

Istana Nurul Iman juga memiliki garasi yang memuat 110 mobil, ruangan untuk 200 kuda poni sang sultan dan 5 kolam renang. Setidaknya ada 165 mobil Rolls Royces yang ada di garasinya. Wah!



Dalam total, istana terbesar didunia ini memiliki luas 200.000 meter persegi, berdasarkan luas lantai. Karena luas dan banyaknya ruangan di sini, dibutuhkan 564 tempat lilin, 51.000 bohlam lampu, 44 tangga dan 18 tangga jalan.

Karena menjadi tempat tinggal aktif bagi keluarga sultan, istana terbesar didunia ini tertutup untuk umum. Tapi jangan kuatir karena saat Idul Fitri atau Lebaran, istana ini terbuka untuk umum. Selama 3 hari, istana terbuka bagi siapa saja yang ingin merayakan hari raya bersama-sama. Selama 3 hari tersebut, biasanya istana kedatangan 110.000 pengunjung.

Dibawah ini foto-foto dari istana terbesar didunia.


Istana terbesar didunia

Istana terbesar didunia

Istana terbesar didunia

Istana terbesar didunia

Istana terbesar didunia

Istana terbesar didunia

Istana terbesar didunia

Istana terbesar didunia

Sultan Brunei Punya Istana Terbesar di DuniaBy Andri an.Published: 05.36
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger