Home » , » 5 Orang Jutawan yang Berhenti Kuliah

5 Orang Jutawan yang Berhenti Kuliah

5 Orang Jutawan yang Berhenti Kuliah - Drop out kuliah mungkin bukan merupakan hal yang bagus. Namun jika mengalaminya jangan langsung putus asa, karena bukan tidak mungkin drop out kuliah malah membuka jalan menuju kesuksesan mengagumkan.

Namun memang ada syaratnya, tidak sekadar berhenti kuliah lalu bisa mendadak sukses. Diperlukan kerja keras dan impian besar sebelum kesuksesan bisa direngkuh. Dan biasanya juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Contohnya sudah cukup banyak para jutawan yang berhenti kulaih yang menggeluti di dunia teknologi, di mana beberapa pendiri perusahaan raksasa rupanya tidak sempat menamatkan kuliahnya.

Jutawan berhenti kuliah
Jutawan berhenti kuliah
Jutawan berhenti kuliah

Dibawah ini adalah kisah 5 jutawan yang berhenti kuliah.

1. Jan Koum
Jutawan berhenti kuliah

Akuisisi Facebook senilai USD 19 miliar terhadap WhatsApp membawa berkah bagi pendirinya. Saat proses akuisisi rampung, kekayaan Jan Koum diperkirakan bernilai USD 6,8 miliar dengan memegang sekitar 45% saham di perusahaannya. Sementara mitranya Brian Acton meraup USD 3 miliar dengan memegang lebih dari 20% saham.

Jan Koum benar benar merangkak dari bawah sebelum sukses dengan WhatsApp. Ia lahir di pedesaan Ukraina, kemudian berimigrasi ke Amerika Serikat. Lulus SMA, Koum diterima di San Jose State University

Saat kuliah ini, dia diterima menjadi pegawai Yahoo. Suatu ketika, server Yahoo rusak, padahal Koum masih berada di ruang kelas mengikuti perkuliahan. Dia mendadak ditelepon oleh David Filo, salah satu pendiri Yahoo yang meminta tolong.

"Apa yang kau lakukan di kelas? Cepatlah pergi ke kantor," perintah Filo. Saat itu, tim teknisi Yahoo sedikit sehingga semua orang dikerahkan. Koum menyanggupi permintaan Filo. Setelah kejadian itu, dia memutuskan berhenti kuliah dan fokus bekerja. "Lagipula aku memang benci bersekolah," katanya.

2. Michael Dell
Jutawan berhenti kuliah

Tahun 1984, Michael Dell remaja yang baru berusia 19 tahun memutuskan keluar dari University of Texas. Dia nekat mendirikan perusahaan komputer bernama PCs Limited dengan modal awal hanya USD 1.000. Dell yakin perusahaannya akan menjadi besar.

Bisnis PCs Limited terbukti makin berkembang. Perusahaan tersebut adalah cikal bakal Dell yang kini adalah salah satu vendor komputer paling terkemuka di dunia. Pada tahun 1985, PC'S Limited menciptakan komputer pertamanya yang dinamakan Turbo PC dan dijual senilai USD 795.

PC'S Limited mengiklankan Turbo PC di berbagai media dan menjualnya secara langsung pada konsumen. Konsumen pun bisa memilih berbagai opsi hardware di komputer yang dibeli. Perusahaan Michael itu mencapai sukses besar dan meraup pendapatan sampai USD 73 juta pada tahun pertama operasionalnya.

3. Mark Zuckerberg
Jutawan berhenti kuliah

Kisah drop out Mark Zuckerberg barangkali adalah salah satu yang paling sering diceritakan di dunia teknologi, bahkan difilmkan Hollywood dengan judul Social Network. Masuk universitas bergengsi Harvard, ia berhenti kuliah pada tahun 2004 untuk mengembangkan Facebook. Kini, ia punya harta total USD 31,6 miliar.

Awal mulanya, Zuckerberg meluncurkan Thefacebook.com dari kamar asramanya di Harvard, pada bulan Februari 2004. Ia menciptakannya bersama Dustin Mozkovitz, Chris Hughes, dan Eduardo Saverin.

Zuckerberg memutuskan drop out dari Harvard di bulan Mei 2004 untuk fokus mengembangkan Facebook di Silicon Valley, wilayah pusat teknologi di Amerika Serikat. Dia menerima pendanaan besar pertamanya sebanyak USD 500 ribu dari pendiri PayPal, Peter Thiel.

Perjudiannya tersebut tidaklah sia-sia. Facebook kini menjelma menjadi situs jejaring sosial terbesar di dunia dan telah masuk ke bursa saham di Amerika Serikat. Asetnya yang besar memungkinkan Facebook mengakuisisi WhatsApp baru baru ini senilai USD 19 miliar.

4. Paul Allen
Jutawan berhenti kuliah

Paul Allen tercatat drop out dari kampus Washington State University. Bersama Bill Gates, pria berkacamata ini kemudian mendirikan Microsoft pada tahun 1975. 

Microsoft, seperti diketahui, kemudian sukses besar sehingga membuat Paul kaya raya. Paul Allen memang sudah tidak aktif lagi di Microsoft, namun tetap memperhatikan perkembangannya.

Kekayaan Allen tercatat mencapai USD 15 miliar. Saat ini, dia menjalankan berbagai bisnis dan memiliki beberapa klub olaharaga, seperti Portland Trail Blazers di NBA.

Dia adalah pendiri dan chairman Vulcan Inc yang mengendalikan beragam bisnis miliknya serta berbagai upaya kemanusiaan. Ya, seperti Bill Gates, Allen dikenal sebagai dermawan.

5. Bill Gates
Jutawan berhenti kuliah

Bill Gates barangkali adalah pria yang berhenti kuliah paling terkenal di dunia. Setelah drop out, ia mendiirkan Microsoft bersama Paul Allen, perusahaan yang membuatnya berulangkali dinobatkan sebagai sosok terkaya di planet bumi.

Gates yang saat ini kekayaannya USD 76,8 miliar tercatat masuk kuliah di Harvard University pada tahun 1973 sebelum keluar. Ia akhirnya memperoleh gelar sarjana kehormatan dari Harvard di tahun 2007. 

"Sungguh sebuah keputusan yang berat dan saya tahu orang tua juga mengkhawatirkannya. Dan meskipun saya tidak akan pernah mendorong orang lain untuk drop out sekolah, bagi saya pilihan tersebut memang tepat," ucap Bill Gates suatu ketika.

Kini, Bill Gates tidak begitu aktif lagi dalam operasional bisnis Microsoft. Ia sibuk di yayasan kemanusiaannya yang termasuk terbesar di dunia, Bill & Melinda Gates Foundation.

5 Orang Jutawan yang Berhenti KuliahBy Andri an.Published: 23.17
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger