Home » » Inilah Macam-Macam Penyakit Menular yang Harus Diketahui

Inilah Macam-Macam Penyakit Menular yang Harus Diketahui

macam macam penyakit menular berbahayar
Macam-Macam Penyakit Menular dan Cara Pencegahannya - Hampir semua manusia rentan terkena macam-macam penyakit menular. Pengertian dari penyakit menular sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh berbagai macam mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh, misalnya virus, bakteri, parasit dan jamur. Biasanya dan seringnya, penyakit menular dapat menyebar dari seseorang dengan penyakit tersebut ke orang lain yang sehat. Cara penularan ini berbeda-beda tergantung macam-macam penyakit menular yang diderita.

Macam-macam penyakit menular tidak mengenal usia, dan dapat menyerang semua umur dan jenis kelamin. Meski begitu, ada pula kelompok usia yang rentan terhadap penyakit menular, yaitu usia muda seperti anak kecil dan balita serta usia tua sekali. Macam-macam penyakit menular yang akan dibahas di bawah ini dapat mengenai siapapun, maka pengetahuan dan kewaspadaan Anda sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya penyakit ini.

1. Penyakit yang Menyerang Pernapasan
Di antaranya adalah ISPA (infeksi saluran napas akut), TBC dan pneumonia (radang berbahaya pada paru-paru). Penyebaran penyakit menular ini ialah melalui pernapasan atau melalui percikan ludah atau dahak penderitanya yang masuk ke dalam saluran pernapasan orang yang sehat.

Cara Mencegah: Mencuci tangan dengan sabun sehabis bepergian, menyentuh barang dan sebelum makan mampu mencegah penyakit ini. Sarankan juga penderita penyakit pernapasan untuk menutup mulut ketika batuk dan bersin serta jangan membuang dahak sembarangan. Untuk menambah daya tahan tubuh terhadap penyakit menular ini, Anda bisa konsumsi ion kalsium InfinyCal asli dengan harga paling murah yang bisa anda dapatkan di Matrixshop.

2. Penyakit yang Menyerang Mata
Cara Mencegah: Mencuci tangan dengan sabun setelah kontak dengan penderita penyakit mata. Bila sedang menderita penyakit mata menular, jangan sering menyentuh mata Anda tanpa mencuci tangan dengan sabun setelahnya. Saling melihat tidak akan menularkan penyakit menular pada mata.

3. Penyakit Menular Melalui Makanan dan Minuman
Penyakit yang dapat menular adalah tifoid, diare, disentri, Hepatitis A, cacingan, serta keracunan makanan. Penularan penyakit terjadi dari air dan makanan yang terkontaminasi feses dari penderita penyakit yang sama.

Cara Mencegah: Pastikan air yang dikonsumsi merupakan air kemasan atau sudah dimasak sampai mendidih terlebih dahulu. Pilih juga makanan yang dibuat sendiri agar kebersihannya lebih terjamin. Hindari makan di daerah dengan wabah penyakit tertentu, misalnya wabah Hepatitis A.

4. Penyakit Menular Melalui Hewan
Penyakit menular yang terutama dibahas di sini adalah penularan yang diperantarai oleh nyamuk yaitu demam berdarah dengue (DBD), malaria dan filariasis.

Cara Mencegah: Menghindari gigitan nyamuk adalah kunci dari pencegahan penyakit ini. Beberapa tips menghindari nyamuk ialah memakai kelambu ketika tidur, melakukan 3M (mengubur, menguras, menutup), menjaga kebersihan rumah dan membunuh jentik nyamuk.

5. Penyakit Menular Melalui Hubungan Intim dan Cairan Tubuh
Penyakit menular karena hubungan intim banyak jenisnya, misalnya gonorrhea, sifilis dan virus HPV. Sedangkan penyakit menular dari hubungan intim dan cairan tubuh dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti HIV, AIDS, Hepatitis B dan Hepatitis C.

Cara Mencegah: Kunci utama mencegah penyakit ini ialah dengan setia pada pasangan Anda dan menghindari pemakaian jarum suntik bersama. Perlu diingat bahwa cairan tubuh yang dimaksud adalah darah, cairan kelamin, air ketuban dan ASI. Keringat, air kencing, dahak dan ludah tidak akan menularkan penyakit di atas.

6. Tetanus
Salah satu macam-macam penyakit menular yang penting juga ialah penyakit tetanus. Penyakit ini menular bukan dari penderita penyakit tetanus, melainkan dari benda kotor yang bersentuhan dengan luka terbuka, misalnya jatuh di aspal, tertusuk paku atau tergores pisau.

Cara Mencegah: Memastikan anak dan calon ibu hamil mendapatkan vaksin tetanus yang lengkap dapat mencegah kejadian tetanus. Hal yang perlu diingat adalah ketika terjadi luka di bagian tubuh manapun segera bersihkan atau lebih baik dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan obat anti tetanus tambahan. Jangan biarkan luka, terutama luka tusuk yang dalam, tanpa mendapat penanganan tenaga medis.

Pembahasan mengenai macam-macam penyakit menular di atas sebenarnya hanya mencakup sebagian kecil dari seluruh penyakit menular yang ada di Indonesia. Penyakit menular merupakan penyakit yang 100% dapat dihindari dan dicegah dengan pengetahuan dan perilaku hidup yang baik. Maka, pengetahuan dasar mengenai macam-macam penyakit menular sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan dianjurkan untuk mengkonsumsi ion kalsium pencegah penyakit seperti InfinyCal.

Inilah Macam-Macam Penyakit Menular yang Harus DiketahuiBy Puitika Rahaniyah.Published: 01.48
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger