Home » , » Danau Dua Rasa di Tengah Pedalaman Kalimantan

Danau Dua Rasa di Tengah Pedalaman Kalimantan

Danau Labuan Cermin (Foto: gonjangganjing)

DANAU ini, mungkin banyak yang belum tahu keberadaannya. Padahal sangat indah, dan ada di Indonesia!

Di Kalimantan Timur, jauh di pedalamannya terdapat sebuah danau cantik bernama Danau Labuan Cermin. Danau yang sangat jernih ini tidak hanya memiliki pemandangan yang cantik, juga unik. Danau ini memiliki kandungan air asin seperti laut dan juga air tawar. Unik, bukan?

Bagian atas danau ini adalah air tawar, seperti danau pada umumnya. Namun, beberapa meter di bawahnya adalah air asin. Kedua jenis air ini tidak bercampur. Bila menyelam, Anda akan menemukan sebuah batas lapisan antara keduanya yang menyerupai awan.

Biota dalam danau inipun terdiri dari ikan-ikan air tawar dan ikan laut yang berdiam di dasar danau. Sesekali, kabarnya terlihat penyu hijau di danau ini, seperti dikutip dari laman WisataKaltim.


Danau Labuan Cermin dikelilingi hutan di tepiannya. Danau ini berada di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Karena jaraknya cukup jauh dari kota, jarang atau hampir tidak ada turis yang berkunjung ke sini. Tempat ini hanya dikenal oleh orang-orang lokal dan sekitarnya. Fasilitas dan prasarana pun masih seadanya.

Untuk menuju Danau Labuan Cermin, dari Samarinda, Ibu Kota Kalimantan Timur, arahkan perjalanan ke Tanjung Redeb, Ibu Kota Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Jarak Samarinda ke Tanjung Redeb sekira 700 kilometer.

Dari Tanjung Redeb, Anda bisa menggunakan angkutan pedesaan atau mobil sewaan menuju Kecamatan Biduk-Biduk. Perjalanannya sekira 6-7 jam. Dari Biduk-biduk, lanjutkan perjalanan dengan sampan sekira 15 menit menuju Danau Labuan Cermin.

Bila belum puas mengeksplorasi Danau Labuan Cermin, di dekatnya ada pula tujuan wisata lain yang dapat Anda kunjungi, yaitu Pantai Teluk Sulaiman yang berpasir putih.

Danau Dua Rasa di Tengah Pedalaman KalimantanBy ..Published: 05.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger