Home » , » Air Terjun Mistis, yang Katanya Pusat Para Jin

Air Terjun Mistis, yang Katanya Pusat Para Jin

Air Terjun Mistis, yang Katanya Pusat Para Jin - dengan begitu kentalnya tradisi Jawa dan masih beredarnya legenda serta cerita rakyat di sana-sini. Salah satunya bisa Anda temukan di Air Terjun Sri Gethuk. 
 

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu wisata alam yang terdapat di daerah Gunungkidul, tepatnya di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oyo. 

Air Terjun Sri Gethuk juga disebut sebagai Air Terjun Slempret, ada juga yang menyebut Air Terjun Sompret. Nama Slempret sendiri berasal dari legenda yang ada di Desa Bleberan.  

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, air terjun ini merupakan pusatnya para jin dengan pimpinan Jin Anggo Menduro. Kabarnya, air terjun tersebut merupakan tempat penyimpanan kethuk yang merupakan salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Konon, pada saat-saat tertentu masyarakat Dukuh Menggoran masih sering mendengar suara gamelan mengalun dari arah air terjun. 

Untuk mencapai air terjun ini ada dua cara. Pertama adalah menyusuri area persawahan. Sedangkan cara kedua adalah naik rakit sederhana menyusuri Sungai Oya. Untuk naik rakit ini Anda hanya perlu membayar Rp5.000 saja per orang.

Air Terjun Mistis, yang Katanya Pusat Para JinBy Andri an.Published: 02.30
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger