Home » , » Ada Buddha Tidur di Dalam Gua Srilanka

Ada Buddha Tidur di Dalam Gua Srilanka

Ada Buddha Tidur di Dalam Gua Srilanka - Selain ada gereja di dalam gua, kini ada lagi yang lain yaitu biara. Gua Dambulla di Srilanka punya biara di dalamnya, lengkap dengan Buddha tidur. Keren!


Ada Buddha Tidur di Dalam Gua Srilanka

Dambulla bukanlah gunung biasa karena ada gua yang memiliki biara di dalamnya. Gunung Dambulla berada di 148 km arah timur Colombo. Di sana terdapat Golden Temple of Dambulla. Penanda adanya biara adalah patung Buddha raksasa di kaki gunung.

kami sempat mendatangi tempat yang jadi Situs Warisan Dunia UNESCO ini beberap awaktu lalu. Untuk mencapai biara, pengunjung harus menapaki ratusan anak tangga hingga bagian atas gunung batu. Karena kondisi cuaca yang biasanya panas, ada baiknya pengunjung mempersiapkan air mineral dan pelindung kepala seperti topi.

Ada Buddha Tidur di Dalam Gua Srilanka

Sesampainya di atas, semua pengunjung harus melepas alas kaki karena akan memasuki area suci. Siapkan kaki Anda saat mendatangi tempat ini pada siang hari karena lantai batu di sana cukup panas. 

Rasanya tidak mungkin bisa ada biara di dalam rongga gua berbentuk kanopi raksasa itu. Putih mendominasi warna dinding biara dalam gua tersebut. Ternyata, ruang-ruang di dalam biara ini dulunya merupakan gua. Kemudian ditambahkan tembok dan jadilah biara seperti sekarang ini. 

Ada Buddha Tidur di Dalam Gua Srilanka

Ada 80 gua di kawasan ini tapi hanya 5 yang dibuka untuk jadi objek wisata. Ada patung Buddha di setiap guanya. Dalam keseluruhan, ada 153 patung serta lukisan mural seluas 2.100 m2 di langit-langit dan dinding gua. Raja Valagambahu mengubah gua ini menjadi biara pada abad ke-3 dan 2 SM.

Gua pertama adalah Devaraja yang berarti dewa raja. Ruangannya cukup sempit namun ada patung Buddha tidur sepanjang 14 meter. Buddha tidur adalah patung yang amat spesial untuk umat Buddha karena menggambarkan Sang Buddha yang mendapatkan pencerahan.

Ada Buddha Tidur di Dalam Gua Srilanka

Gua kedua adalah yang paling besar, Cave of the Great Kings. Di dalam gua ini ada 16 patung Buddha berdiri dan 40 patung Buddha yang duduk. Di gua ini, ada lagi patung Buddha tidur. Yang paling keren adalah lukisan di langit-langit gua yang mengisahkan kehidupan Buddha dan ada juga mata air yang dikeramatkan.

Di dalam gua ketiga, itulah Maha Alut Vihara alias Vihara Agung Baru. Di gua ini masih ada juga lukisan mural, 50 patung Buddha dan patung Raja Kirti Sri Rajasinha dari kerajaan Kandy (1747-1782). Dua gua sisanya relatif lebih kecil, hanya seukuran sekitar ruang 5x5 meter. 

Baca juga :
Nakat Jadi Gelandangan, Pria Asal AS Rogoh Kocek Rp22 Juta
Beruang ini Hobi Bermain Piano

Ada Buddha Tidur di Dalam Gua SrilankaBy ..Published: 03.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger