Home » , » Tempat-tempat Diving di Indonesia dan di Dunia

Tempat-tempat Diving di Indonesia dan di Dunia

Tempat-tempat Diving di Indonsia dan di Dunia - Diving adalah salah satu olahraga air yang banyak disukai oleh wisatawan asing yang sengaja ingin mencari tempat terbaik untuk melakukan diving ini. Hal itu tentunya menguntungkan negara Indonesia karena di Indonesia banyak sekali pulau-pulau dan pantai-pantai yang menawarkan keingdahan bawah laut yang bisa memukau siapa saja yang melihatnya. Diantara perairan di Indonesia ada beberapa wilayah yang memiliki pemandangan terindah dan sering dikatakan sebagai surga lautan. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa tempat dive spot terbaik di Indonesia.

Beda lokasi diving, beda lagi pengalaman yang dirasakan para penyelam. Beberapa spot diving di dunia menyuguhkan pengalaman yang ajaib. Salah satunya ada di Indonesia, ya tempat diving di indonesia memang tak kalah menarik dengan tempat diving yang ada didunia.

Siapa bilang diving hanya soal ikan dan koral? Di beberapa tempat diving di indonesia atau dunia, para diver bisa merasakan pengalaman menyelam yang tak biasa. Ada lokasi selam dengan air terjernih di dunia, sampai menyelam persis di atas atas gunung berapi bawah laut.

Tempat diving di indonesia
Tempat diving di indonesia

Tempat diving di indonesia
Dibawah ini adalah lokasi tempat diving di indonesia.

1. Raja Ampat
Tempat diving di indonesia

Siapa yang tidak tahu mengenai tempat yang satu ini, bahkan tempat ini pun tersohor di seluruh penjuru dunia. Ya, tempat yang diberik julukan surga bawah laut ini Raja Ampat. Memang keberadaannya terdapat di sebuah pulau yang terpencil, namun jika Anda datang ke tempat ini pasti akan membuat Anda kagum dengan indahnya pemandangan di sekitarnya. Tempat yang berada si provinsi Papua Barat ini juga menyuguhkan pengalaman berdiving yang tidak akan pernah terlupakan. Ada sekitar 1511 jenis ikan, 700 jenis molusca, dan 540 jenis karang yang hidup dan menjadi pengguni pulau-pulau yang tersebar di Raja Ampat ini. Banyak sekali penggemar diving yang sengaja datang ke Raja Ampat ini untuk mengagumi keindahan alamnya, bahkan Raja Ampat ini adalah salah satu dive spot yang paling diidam-idamkan.

2. Wakatobi
Tempat diving di indonesia

Tempat diving di indonesia yang berikutnya menyuguhkan keindahan alamnya adalah Wakatobi. Wakatobi adalah tempat yang merupakan akronim dari beberapa pulau yang berada di sekitarnya karena pulau-pulau tersebut adalah satu kesatuan yang tidak akan bisa terpisahkan yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Di Wakatobi ini dijamin Anda akan bisa merasakan sensasi nyaman, santai dan serasa bisa menenangkan diri dari aktifitas sehari-hari karena disini Anda akan menemukan banyak tempat dan pengalaman yang tak terlupakan. Pulau-pulau yang ada di sekitar Wakatobi ini bisa Anda manfaatkan untuk beraktifitas seperti ber snorkling dan diving yang merupakan hal utama dilakukan di Wakatobi ini. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan camping dan fotografi karena obyek yang ada di Wakatobi ini sangat indah dan perlu diabadikan untuk kenangan. Wakatobi ini menjadi salah satu dive spot yang terbaik di Indonesia karena Anda bisa membayangkan dengan pemandangan bawah laut yang indah dilengkapi dengan sekitar 590 jenis ikan dan 396 jenis karang yang akan Anda lihat disana.

3. Pulau Komodo
Tempat diving di indonesia

Ternyata pulau komodo tidak hanya terkenal dengan penghuni aslinya yaitu komodo. Pulau yang terletak d Nusa Tenggara Timur ini adalah pulau yang juga terkena dengan wisata airnya yang menarik. Di Pulau Komodo Anda bisa melampiaskan keinginan Anda untuk bisa bersnorkling dan berdiving dengan sensasi yang sangat berbeda. Hal ini pulalah yang membuat Pulau Komodo dinobatkan menjadi salah satu New Seven Wonders di dunia. Di Pulau Komodo tepatnya di Laut Komodo ini Anda akan bisa melihat pemandangan alam dan bawah laut yang sangat indah yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Tempat diving paling terkenal didunia
Dibawah ini adalah tempat-tempat diving didunia.

1. Patahan Silfra, Islandia
tempat diving didunia

Patahan Silfra adalah satu-satunya tempat Anda menyelam di 2 benua, antara Amerika Utara dengan Eurasia. Patahan berbentuk seperti gang ini melebar sekitar 2 cm tiap tahunnya.

Tapi yang membuat para diver 'mabuk kepayang' adalah kejernihan air di Patahan Silfra. Ini adalah perairan terjernih di dunia. Banyak penyelam yang mengatakan, mereka lupa akan kedalaman patahan ini dan bahkan mengalami vertigo.

Temperatur air di Patahan Silfra konstan sekitar 2-4 derajat Celcius. Air super jernih ini berasal dari gletser Gunung Hofsjokull di Islandia dan melewati banyak lapisan bebatuan sebelum sampai di Patahan Silfra. Saking jernihnya, air laut ini bahkan aman untuk diminum.

2. Pulau Yonaguni, Jepang
tempat diving didunia

Di bagian paling barat Jepang terdapat Kepulauan Yaeyama, yang jadi destinasi diving terkenal. Dari seluruh wilayah Yaeyama, Pulau Yonaguni menyuguhkan pengalaman diving paling seru untuk wisatawan.

Di perairan sekitar pulau ini terdapat reruntuhan misterius yang terkenal sebagai Yonaguni Monument. Keberadaan reruntuhan ini masih jadi misteri. Beberapa pihak percaya Yonaguni Monument adalah sisa-sisa kota yang hilang. Ada yang bilang tempat ini merupakan fenomena geologis, ada juga yang yakin kalau alien pernah menyisakan jejak di sini.

Bagaimanapun, Yonaguni Monument adalah peninggalan sejarah yang spektakuler. Dipercaya, reruntuhan ini berusia 5.000-8.000 tahun. Namun tak sembarang penyelam yang boleh diving di sini. Khusus profesional, karena arusnya cukup kencang.

3. Cancun, Meksiko
tempat diving didunia

Cobalah menyelami perairan biru jernih di Cancun, Meksiko. Traveler akan langsung dihadapkan dengan 403 patung berukuran manusia di bawah laut, dengan beragam bentuk dan ekspresi wajah. Inilah Museum of Underwater Modern Art, yang jadi sorotan di mata diver dunia.

Adalah Jason deCaires Taylor, pematung sekaligus penyelam asal Inggris yang membuat museum ini. Tiap patung dibuat dari bahan-bahan campuran yang memungkinkan koral tumbuh dari permukaannya.

4. Miami, Florida
tempat diving didunia

Apa rasanya menyelam ke kuburan bawah air? Pengalaman inilah yang bisa traveler dapatkan di perairan Miami, Florida. Nama tempatnya adalah The Neptune Memorial Reef.

Ya, tempat ini memang adalah kuburan. Sebelum dikubur, jenazah dikremasi terlebih dahulu. Abu mereka kemudian dicampur dengan semen, pasir, dan air kemudian dibentuk sesuai keinginan mendiang. Hasil campuran tersebut kemudian ditaruh di dekat koral oleh para penyelam.

The Neptune Memorial Reef punya slogan 'creating life after life'. Hal itu karena koral dan ekosistem laut lainnya bisa tumbuh di batu-batu makam tersebut. Bolehlah tempat ini disebut 'Green Burial'.

Demikianlah info dari Tempat-tempat Diving di Indoensia dan di Dunia semoga artikel ini dapat menjadi destinasi anda selanjutnya dalam dunia diving.

Tempat-tempat Diving di Indonesia dan di DuniaBy Andri an.Published: 22.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger