Home » , , » 7 Hal yang Dapat Mengahalangi Kesuburan Pria

7 Hal yang Dapat Mengahalangi Kesuburan Pria

7 Hal yang Dapat Mengahalangi Kesuburan Pria - Selalu ingat bahwa sperma sangat rentan terhadap berbagai asupan yang masuk ke tubuh seorang pria, termasuk rutin tidaknya ia berolahraga. Pada akhirnya ini akan mempengaruhi kemampuannya menghasilkan keturunan.

Asumsinya selama ini pria memproduksi begitu banyak sperma setiap hari hingga mereka bisa makan atau melakukan hal apapun, tapi sebenarnya itu bukanlah masalahnya, ada hal lain yang tanpa sadar apa yang sering dilakukan setiap hari dapat menghalangi kesuburan pria. ungkap Alice Domar, MD, direktur eksekutif Domar Center for Mind/Body Health, Boston yang juga asisten profesor OBGYN dan Biologi Reproduksi di Harvard Medical School.

Setidaknya para pria harus tahu faktor apa saja yang bisa membunuh atau menurunkan kesuburan pria dari segi kualitas spermanya, seperti halnya dilansir Men's Fitness.

Kesuburan pria
Kesuburan pria

Hal yang dapat menghalangi anda untuk mendapatkan momongan


Dibawah ini adalah 7 hal yang dapat menghalangi kesuburan pria.

1. Mandi air panas

Kesuburan pria

Hal yang pertama yang dapat menghalangi kesuburan pria adalah terlalu sering berendam dalam air panas mungkin bisa meredakan linu-linu di badan setelah berolahraga atau memunculkan mood Anda untuk bercinta dengan istri.

Namun rutin berendam di air panas atau hangout di sauna sebenarnya dapat mengganggu produksi sperma karena ini seperti merebus testis Anda, atau meningkatkan suhu testis seperti halnya bersepeda.

2. Terlalu sering bersepeda

Kesuburan pria

Alasan mengapa testis dibuat menggantung adalah demi menjaga agar suhunya tetap berada di sekitar 35 derajat Celcius (2,8 derajat lebih dingin daripada tubuh).

"Namun bersepeda membuat organ ini tertekan dan terangkat sehingga suhunya naik. Ini sama halnya dengan 'merebus' organ tersebut," terang Dr Domar. Tekanan berkepanjangan dari sadel sepeda juga berpotensi merusak pembuluh darah di organ reproduksi.

"Anda masih melakukan bentuk olahraga lainnya, asalkan tidak berlebihan, karena ini justru dapat menurunkan kadar hormon seks pria yaitu testosterone. Dan pastikan saja testis Anda tetap dingin dan menggantung dengan normal," saran Dr Domar.

3. Obat antirambut rontok dan antidepresan

Kesuburan pria

FDA melaporkan salah satu bahan aktif yang terkandung dalam obat antirontok Propecia yaitu finasteride dan obat pembesaran prostat yaitu Proscar sama-sama bisa menyebabkan kemandulan pria dan/atau penurunan kualitas sperma.

Antidepresan seperti Paxil dan Prozac juga dapat mempengaruh kesuburan pria dengan potensinya untuk merusak DNA. Dan efek samping ini akan berkurang atau hilang setelah si pasien berhenti mengonsumsi obat-obatan tersebut.

4. Stres dan tertekan


Tak hanya wanita, pria pun bisa terpengaruh stres ketika berusaha mempunyai anak. "Bagi pria, kesuburan itu erat kaitannya dengan kejantanan dan seksualitas. Jadi jika mereka gagal melakukannya, ini juga akan memicu kecemasan," jelas Dr Domar.

Sebuah survei yang disponsori Merck pun menemukan bahwa pria jauh lebih sering tertekan dan stres dibanding istrinya ketika mereka mencoba memiliki keturunan, yaitu 42 persen versus 36 persen.

5. Bertambah tua

http://copy-video.blogspot.com/2013/12/unleashed-movie.html

Sama halnya dengan wanita, pria pun mempunyai jam biologis. Jadi bukan hanya wanita yang kesulitan untuk bisa hamil di usia 40-an. "Usia pria juga memberikan dampak yang besar terhadap kemampuannya untuk membuat sang istri mengandung," kata Dr Domar.

Pria yang membuahi pasangannya di usia di atas 40 tahun juga dikaitkan dengan risiko autisme dan schizophrenia pada anak yang dihasilkannya. "Dampaknya paling signifikan untuk pria berusia 50 tahun ke atas," imbuhnya.

6. Kebanyakan kopi

http://copy-video.blogspot.com/2013/12/unleashed-movie.html

Hal yang dapat menghalangi kesuburan pria berikutnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak.

Untuk itu batasi konsumsi kafein Anda menjadi dua-tiga cangkir kopi dalam sehari, begitu juga dengan minuman olahraga dan suplemen.

"Bahkan kecanduan kopi juga bisa menyebabkan masalah yang lebih besar. Karena tiap kali Anda berpaling ke kopi ketika merasa lemas atau kurang berenergi, ini justru akan membuat Anda tampak kelelahan sepanjang waktu," tutur Dr Domar.

7. Minum alkohol sekaligus merokok

http://copy-video.blogspot.com/2013/12/unleashed-movie.html

"Segelas wine sehari mungkin dapat menjaga kesehatan jantung tapi ini buruk bagi sperma," tutur Dr Domar. Untuk itu ia hanya merekomendasikan konsumsi alkohol tak lebih dari 5-7 gelas perminggu, apalagi jika Anda tengah mencoba mempunyai anak.

Dampak lebih besar pun terlihat jika konsumsi alkohol dikombinasikan dengan merokok. "Nikotin telah terbukti dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma," terangnya.

Nah itu lah kiranya 7 Hal yang Dapat Mengahalangi Kesuburan Pria semoga artikel ini bermanfaat anda.

7 Hal yang Dapat Mengahalangi Kesuburan PriaBy Andri an.Published: 01.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger