Home » , » Inilah 6 Penyakit Karena Kekurangan Kalsium

Inilah 6 Penyakit Karena Kekurangan Kalsium

Kekurangan kalsium selama ini hanya dikaitkan dengan masalah tulang, seperti memicu kerapuhan tulang atau osteoporosis. Padahal lebih dari itu, kurangnya kalsium juga mempengaruhi organ lainnya di dalam tubuh.

Berikut 6 masalah akibat kekurangan kalsium, selain osteoporosis :

1. Gangguan pencernaan
Orang yang memiliki keluhan maag sering mengonsumsi obat-obatan antacid. Hal ini justru dapat menurunkan kadar keasaman lambung.

Akibatnya fungsi lambung untuk melawan bakteri dalam tubuh menurun. Padahal, tak semua maag disebabkan oleh asam lambung yang terlalu banyak. Lemahnya otot spincter, pemisah antara lambung menuju kerongkongan bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung.

Hal ini menurut ahli disebabkan kurangnya ion kalsium pada otot spincter. Untuk mencegahnya cobalah selalu rutin minum ion kalsium InfinyCal.

2. Gangguan dalam pembekuan darah

Untuk menjalankan fungsinya dalam membekukan darah, sel-sel darah membutuhkan ion kalsium. Jika kekurangan, maka darah akan menjadi sukar membeku ketika terjadi luka. Lagi-lagi anda perlu rutin mengkonsumsi ion kalsium seperti InfinyCal.

3. Gangguan fungsi saraf
Untuk menghubungkan sinyal antara satu sel saraf ke sel saraf lainnya, diperlukan medium, salah satunya adalah ion kalsium. Jika seseorang kurang memenuhi asupan kalsium maka sinyal antar sel saraf sulit terkoneksi yang pada gilirannya akan mempengaruhi kemampuan berpikir.

4. Serangan jantung
Para ahli menyebut bahwa serangan jantung tak melulu disebabkan oleh pola konsumsi makanan berlemak atau tinggi kolesterol. Hampir separuh kasus serangan jantung disebabkan karena jantung berhenti berdetak.

Kekurangan kalsium memainkan peranan ini karena jenis mineral ini dibutuhkan jantung untuk berkontraksi.

5. Kanker dan Diabetes
Kurangnya kalsium bisa meningkatkan risiko seseorang mengidap kanker atau diabetes. Pasalnya, dalam memetabolisme glukosa yang masuk ke dalam tubuh, pankreas membutuhkan ion kalsium. Begitu pula dengan sel kanker yang muncul, karena kurangnya asupan kalsium dalam tubuh.

6. Obesitas

Kalsium memiliki efek positif dalam meningkatkan metabolisme tubuh, salah satunya dalam membakar energi yang masuk. Jika seseorang kekurangan kalsium maka energi atau kalori yang masuk akan lebih mudah diubah menjadi lemak sehingga dalam jangka waktu tertentu memicu obesitas.

Inilah 6 Penyakit Karena Kekurangan KalsiumBy Puitika Rahaniyah.Published: 01.41
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger