Home » , » Yuk, Kenali 10 Jenis Tepung untuk Kue & Roti!

Yuk, Kenali 10 Jenis Tepung untuk Kue & Roti!


detail berita

TEPUNG selalu dibutuhkan dalam pembuatan kue dan roti. Ternyata, setidaknya ada 11 macam tepung yang biasa digunakan untuk membuat kue dan roti.
 
Tahukah Anda, terdapat banyak sekali jenis tepung, sebagian mengandung gluten sedangkan sebagian lainnya tinggi kadar serat. Berikut beberapa jenis tepung yang biasa dipakai untuk membuat kue dan roti, seperti dilansir Tipsnut:
 
Kacang kenari
Tepung ini dibuat dari kacang kenari. Biasanya, tepung ini dipakai untuk membuat roti agar adonan tidak terlalu pucat. Tepung ini juga pas untuk mereka yang sedang diet rendah karbohidrat dan bebas gluten.
 
Roti
Tepung roti memiliki kadar protein tinggi, biasanya digunakan agar adonan yang diinginkan bisa menghasilkan volume tinggi dan tekstur yang kenyal.
 
Soba
Tepung ini dibuat dari soba yang sudah dikuliti sehingga bebas gluten. Soba adalah benih, tetapi tidak termasuk biji-bijian. Umumnya, tepung soba digunakan untuk pancake.
 
Kue
Tepung kue memiliki warna yang lebih cerah dari semua jenis tepung lainnya ketika sudah digiling. Tepung ini berkadar gluten rendah dibanding gandum, dan pilihan yang baik untuk membuat makanan ringan.
 
Sebagai pengganti tepung kue bila tidak ada, gunakan dua sendok makan tepung jagung untuk setiap satu cangkir gelas ukur lalu isi dengan tepung roti. Ayak sebanyak tiga kali, dan pakai sesuai keperluan.
 
Jagung
Tepung ini merupakan produk non gandum karena dibuat dari jagung kuning dan bebas gluten. Bisa juga dibuat dari gandum, tetapi namanya berubah menjadi tepung jagung gandum. 
 
Gandum
Tepung ini terbuat dari gandum tanah yang sudah dikuliti. Di dalamnya mengandung gluten kecil dan merupakan pengental serta pengikat yang baik. Tepung gandum dapat dipakai pada roti, kue, dan kue kering. Tepung ini bisa menggantikan sedikitnya 25 persen komposisi tepung terigu.
 
Kentang
Tepung kentang bebas gluten, bisa digunakan sebagai pengental untuk membuat saus, juga untuk membuat roti.
 
Beras
Tepung beras juga bebas gluten dan bisa dipakai untuk membuat roti. Biasanya, tepung beras dipakai untuk membuat mi.
 
Ada pula tepung beras merah yang dibuat dari beras merah. Bentuknya sedikit lebih kasar ketimbang tepung beras putih, dengan kadar protein dan serat yang lebih tinggi. Anda bisa menggantikan tepung beras merah dengan tepung terigu untuk membuat roti.
 
Kedelai
Tepung kedelai kaya protein, bebas gluten, dan memiliki sedikit rasa pedas. Tepung inipun bisa dipakai sebagai pengganti tepung terigu. Untuk penyimpanannya, tepung kedelai bisa disimpan di kulkas ataupun pada suhu ruangan.
 
Tapioka
Terbuat tapioka terbuat dari akar singkong. Tepung ini merupakan bagian dari tepung gandum, memiliki zat tepung, terasa manis, dan bebas gluten. Tepung tapioka bagus untuk mengentalkan saus, pie, juga membuat roti.

Yuk, Kenali 10 Jenis Tepung untuk Kue & Roti!By ..Published: 18.00
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger