Home » , » Cara Mencegah Alergi Sejak Dini

Cara Mencegah Alergi Sejak Dini

Cara Mencegah Alergi Sejak Dini - Seperti obat paling mujarab mencegah lebih baik dari pada mengobati itulah kata-kata yang sering diucapkan oleh setisp dokter manapun. Dikala kita sakit baru akan terasa betapa menderitanya orang sakit dan betapa nikmatnya dikala sehat juga kalian harus selalu ingat bahwa sehat itu mahal.

Cara mencegah alergi sejak dini oleh karena itu kita harus selalu menjaga kesehatan sedini mungkin untuk memperlancar kegiatan kita diesok hari, misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran, buah-buahan, susu dan masih banyak lagi yang dikatagorikan makanan sehat.

http://coba-liat.blogspot.com/ Alergi adalah kepekaan tubuh terhadap zat pemicu alergi, yang reaksinya berbeda beda bagi setiap individu.Cara mencegah alergi sejak dini banyak hal yang dapat menimbulkan reaksi alergi dari tubuh, diantaranya adalah karena makanan, bahan penambah rasa serta pengawet dalam makanan, bahan kimia, bahan yang melekat pada tubuh, stress psikologis sampai udara dingin dilingkungan sekitar dapat menimbulkan gejala alergi.Gejala yang ditimbulkan setelah bahan kimia tersebuta memasuki tubuh antara lain bengkak dan gatal pada bibir atau mulut, pilek, bersin, pusing, mua, muntah, reaksi kecemasan, sesak nafas, yang berat sampai pada reaksi kulit alergi menyeluruh yang sangat berat.

Cara mencegah alergi sejak dini
Cara mencegah alergi sejak dini
Mengenal Jenis-jenis Alergi

Cara mencegah alergi sejak dini secara sederhana penyakit alergi dapat diartikan suatu reaksi sistem imunitas tubuh manusia terhadap benda yang pada umunya tidak menimbulkan bahaya bagi orang lain, berikut macam-macam alergi :cara mengatasi alergi

  1. Alergi Seafood, jenis alergi yang paling sering diderita oleh orang-orang disekitar kita seperti udang dan makanan lautnya yang dapat menyebabkan alergi yang parah.
  2. Alergi Dingin, tubuh mengalami reaksi berlebih terhadap udara dingin dalam beberapa kasus terjadi rasa kedinginan tanpa disertai perubahan fisik pada tubuh.
  3. Alergi susu sapi, susu sapi merupakan minuman yang baik untuk kesehatan, namun ada beberapa orang yang alergi terhadap susu sapi.Biasanya penyakit ini terjadi pada anak-anak dan bayi.
  4. Alergi Debu, penderita alergi debu akan sangat rentan terhadap debu yang umum dijumpai dirumah atau diluar rumah apalagi ketika bersin-bersin.Namun sebetulnya yang harus diwaspadai adalah tungau yang merupakan penyebab debu.
  5. Alergi obat-obatan, alergi obat meruapakan reaksi yang diberikan tubuh secara berlebihan meskipun sebelumnya tidak pernah mengalami alergi tersebut.

Gejala-Gejala Alergi Yang Umum Terjadi :

  1. Mata Merah, bengkak dan berair.
  2. Persendian terasa sakit, kemerahan dan bengkak.
  3. Kulit menjadi berbercak merah yang disertai dengan rasa gatal.
  4. Lambung menjadi lebih aktif sehingga menyebabkan diare, dan gangguan pencernaan.
  5. Hidung mengeluarkan banyak lendir dan bersin, sesak nafas.
Cara mencegah alergi sejak dini
Cara mencegah alergi sejak dini
Cara Mencegah Alergi Sejak Dini

  1. Berikan ASI ekslusif pada anak usia sampai dengan 6 bulan
  2. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Apabila orangtua mencurigai salah satu makanan sebagai penyebab alergi pada anak, maka cobalah untuk tidak membersihkan makanan tersebut kepada anak.
  3. Apabila dalam keluarga memang sudah memiliki riwayat alergi seperti asma, maka sebaiknya orang tua menghindari pemberian makanan yang paling sering menyebabkan alergi makanan seperti telur, kacang-kacagan, seafood, dan susu sapi murni sampai usianya satu tahun.
  4. Apabila alergi sudah terjadi sebaiknya segera bawa anak ke dokter. Kadang kala dapat terjadi reaksi alergi yang berat yang disebut anafilaksis dan memerlukan penanganan segera karena dapat berakibat fatal.

Mencegah alergi lewat lingkungan

  1. Jagalah selalu kesehatan tubuh dan lingkungan dari kotoran maupun debu. a). Lantai : jangan menggunakan karpet, lebih baik gunakan lantai keramik atau lantai kayu. Jika ingin menggunakan karpet maka pilih yang berbulu pendek dan sering-seringlah dibersihkan. Tetapi disarankan untuk tidak menggunakan karpet. b). Kamar tidur ; gunakanlah bantal berbahan dakron dan kasur spring bed (bukan kapuk). Sarung bantal dan seprai berbahan katun yang mudah dicuci. Cuci sarung bantal, selimut dan seprai secara teratur menggunakan deterjen dan air hangat. Usahakan dicuci sebersih mungkin tanpa menyisakan deterjen pada bahan tersebut. Usahakan kamar tidur mendapatkan sinar matahari atau kelembapan kurang dari 50, karena tungau debu rumah dan jamur sulit tumbuh didaerah tersebut. c). Kamar mandi ?: hindari timbulnya jamur dengan membersihkan tirai mandi seruti mungkin. Gunakan ventilasi yang bagus untuk aerasi diruangan tersebut. Keringkan area yang lembab diruangan tersebut. d). Dapur : mudah timbul jamur karena suasana lembab. Bersihkan tirai mandi serutin mungkin. Gunakan ventilasi yang bagus untuk aerasi diruangan tersebut. Keringkan area yang lembab diruangan tersebut. Lemari es harus sering dibersihkan.
  2. Cara mencagah alergi sejak dini pindahkan pernak pernik, buku, hiasan dinding, maupun barang apa saja yang dapat dijadikan sarang debu.
  3. Bila terjadi alergi karena bulu binatang, jangan biarkan binatang masuk ke dalam ruangan.
  4. HIndarkan kain yang terbuat dari wool atau bahan bulu, permadani atau gorden yang dapat menyimpan debu.
  5. Ganti taplak meja, gorden, sarung, kursi dan peralatan lainnya dengan bahan yang mudah dibersihkan. Batasi hiasan rumah sesedikit mungkin atau pilih yang mudah dibersihkan. Jangan membawa potongan atau rangkaian bunga ke dalam rumah, karena serbuk sarinya dapat mencetuskan alergi.
Nah itulah kiranya yang saya bisa informasikan mengenai Cara Mencegah Alergi Sejak Dini.

Cara Mencegah Alergi Sejak DiniBy Andri an.Published: 22.25
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger