Home » , » Cara Mengatasi dan Penyebab Kulit Berminyak yang Berlebihan

Cara Mengatasi dan Penyebab Kulit Berminyak yang Berlebihan

Cara Mengatasi dan Penyebab Kulit Berminyak yang Berlebihan - Kulit berminyak diwajah memang terkadang terlihat menganggu ya, soalnya bila kita memegang permukaan kulit wajah kita dengan jari yang kebetulan jari tersebut dalam keadaan berdebu atau kotor, maka kulit wajah tersebut bisa menimbulkan bercak noda hitam, komedo bahkan Jerawat batu sekalipun.

Untuk itu jika kalian memiliki kulit yang berminyak, mungkin kalian bisa mengontrolnya dengan mengurangi makanan yang kadar minyaknya berlebihan, serta lebih rajin membersihkan muka dengan sabun pembersih muka. Sehingga kulit kalian bisa lebih cerah dan tidak kusam akibat dari debu yang menempel diwajah kalian.

Kulit wajah berminyak
Kulit wajah berminyak
Jika anda merasa memiliki kulit berminyak yang berlebihan? Dan apakah Anda merasa sudah mencoba semuanya? Mungkin cara membersihkan kulit yang berminyak dibawah ini bisa dijadikan refensi anda dalam merawat kulit wajah yang berminyak. Yuk kita simak artikelnya dibawah ini

Cara mengatasi kulit berminyak

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi kulit berminyak yang berlebihan selamat mencoba.

1. Bersihkan kulit Anda dengan menggunakan lotion berbasis minyak
Ini bukan hal pertama yang terlintas saat membayangkan kulit berminyak… Tapi, dengar! Kulit Anda harus dilembabkan dengan baik. Jika tidak, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak. Bersihkan makeup Anda dengan menggunakan lotion pembersih sebelum membersihkannya dengan langkah-langkah biasa.

2. Cuci wajah Anda pada malam hari saja
Kita kerap kali mengatakan bahwa air tidak merusak. Bahwa mencuci wajah dua kali sehari dapat membersihkan jejak minyak dan pori-pori yang tersumbat. Salah! Kulit Anda justru akan bereaksi berlebihan. Bersihkan wajah Anda dengan air hanya di malam hari saja. Dengan sedikit sabun atau pembersih lembut untuk membersihkan riasan dan minyak berlebih. Di pagi hari, cukup semprotkan toner.

3. Hindari masker pelembab dan produk-produk berminyak
Keseimbangan ini sulit dicapai. Di satu sisi, kita perlu menjaga kelembapan alami kulit, tetapi di sisi lain kita tidak boleh menggunakan terlalu banyak produk berminyak. Pilih pelembab dan alas bedak tanpa minyak. Produk-produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori kulit dan akan membuat kulit Anda tampil lebih segar.

4. Pengelupasan kulit setiap pagi
Jika Anda memiliki kulit penuh noda kotor, pengelupasan kulit setiap pagi dapat memberikan perubahan yang menakjubkan. Jika kulit           Anda sensitif, jangan melakukan pengelupasan lebih dari seminggu sekali dan gunakan produk atau sarung tangan lembut khusus untuk wajah. Hindari produk-produk yang memiliki butiran kasar, yang dapat menimbulkan keretakan mikroskopis pada kulit. Pilih pengelupas dari butiran sintetis, dengan bulatan yang sempurna.

5. Ikat rambut Anda ke belakang saat tidur dan ganti sarung bantal Anda setiap dua hari sekali
Produk-produk yang kita gunakan pada rambut memang bagus untuk rambut, tapi kadang-kadang produk tersebut dapat menimbulkan jerawat kecil pada wajah yang rentan jerawat. Jika rambut Anda panjang, ikat sebelum tidur sehingga wajah Anda tidak menyentuh rambut. Dan ganti sarung bantal Anda sesering mungkin.

6. Selalu gunakan handuk bersih untuk mengeringkan wajah Anda
Keluarga Anda mungkin berpikir Anda ingin menjadi seorang diva, tetapi itu tidaklah penting! Hanya gunakan handuk yang bersih untuk mengeringkan wajah Anda. Handuk kain atau handuk kertas sama saja, yang paling penting handuk tersebut bersih. Handuk yang Anda gunakan untuk mengeringkan tubuh Anda mengandung sisa minyak, lotion, dan sabun.

Penyebab Kulit Berminyak yang Berlebihan

Kelebihan minyak pada kulit wajah atau singkat saja kita sebut wajah berminyak akan menyebabkan kurangnya percaya diri saat tampil di depan umum karena wajah akan terlihat kusam dan menkilap. Wajah berminyak juga akan menangkap udara di sekitar dan mengendapkan debu dan polusi di wajah. Akibatnya pori wajah tertutup dan timbulah jerawat. Wajah berminyak dapat di sebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut:

Kulit wajah berminyak
Kulit wajah berminyak
Dibawah ini adalah faktor penyebab kulit wajah berminyak yang berlebihan.

1. Makanan yang Berlemak
Kita tau bahwa makanan yang mengandung banyak lemak tidak baik di konsumsi oleh manusia karena akan adanya penimbunan lemak dan menimbulkan penyakit. Masalah minyak berlebih adalah masalah ringan yang di timbulkan akibat mengkonsumsi makanan berlemak lebih. 

2. Hormon tidak Seimbang
Minyak berlebih pada wajah merupakan salah satu tanda seorang anak sudah mulai memasuki masa puberitas. Seorang remaja harus beradaptasi dengan hal-hal baru yang terjadi pada dirinya. Pada orang dewasa khususnya wanita akan memproduksi banyak minyak saat haid. Maka dari itu kegiatan yang kita lakukan sebaiknya dikontrol dengan baik. Asupan makanan yang seimbang dengan kegiatan yang kita lakukan akan mengurangi jumlah minyak yang keluar dari tubuh kita. 

3. Salah Pilih  Kosmetik
Sebagian besar cewek menginjak remaja sudah mulai  berani memakai peralatan kosmetik untuk menunjang penampilannya. Dan itu tidak di permasalahkan. Tapi ada baiknya bagi remaja untuk tidak memakai alat-alat kosmetik yang terbuat dari bahan kimia. Hal itu dapat memproduksi minyak berlebih, iritasi dan membuat wajah lebih sensitive apabila wajah tidak bisa menerima bahan-bahan kimia tersebut. Lakukan percobaan pada bagian tangan sebelum memutuskan memakai salah satu merek kosmetik.

4. Keturunan
Orang tua tidak hanya mewariskan harta kepada anaknya tetapi juga mewariskan sebagian  sifat genetiknya (pasti). Tidak menutup kemungkinan orang tua yang memiliki keturunan genetik memproduksi minyak akan turun keanaknya. Hal ini tidak bisa di cegah, tapi tetap bisa di atasi.

Jika kita sudah mengetahui letak inti permasalahan, disitu juga kita akan menemukan jalan untuk mengatasi  masalah tersebut. Berikut beberapa solusi merawat wajah berminyak secara alami yang dapat dicoba sebelum memutuskan untuk membeli salah satu merk kosmetik untuk mengatasi wajah beminyak:

Tidak masalah jika Anda menggunakan kembali handuk tersebut pada tubuh Anda, tapi hal ini akan menimbulkan masalah jika Anda menggunakannya untuk wajah Anda. Oke itu saja yang bisa saya berikan mengenai Cara Mengatasi dan Penyebab Kulit Berminyak yang Berlebihan semoga artikelnya bermanfaat ya.

Cara Mengatasi dan Penyebab Kulit Berminyak yang BerlebihanBy Andri an.Published: 02.05
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger