Home » , » Kenali 5 Bahaya Konsumsi Makanan Pedas Secara Berlebihan

Kenali 5 Bahaya Konsumsi Makanan Pedas Secara Berlebihan

Sehat itu mahal loh - Waspadalah terhadap segala yang kita konsumsi, apalagi dalam jumlah yang berlebihan. Salah satunya adalah makanan yang memiliki rasa pedas. Makanan pedas bagi sebagian orang  adalah makanan favorit, bahkan sebagai prasarat makan. Secara umum, makanan pedas tidak dilarang secara medis kecuali pada kasus-kasus kesehatan tertentu, namun perlu juga diketahui bagaimana efek makanan pedas yang kurang baik terhadap kesehatan, simak ulasannya.

Asiknya makan cabe hmm....
Bahaya Makanan Pedas

Konsumsi makanan pedas yang berlebihan serta terus menerus dapat mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan, diantaranya Penyebab maag akut sampai Menyebabkan pusing.

1. Penyebab maag akut

Maag atau lambung merupakan salah satu organ yang sensitif terhadap makanan pedas. Makanan pedas yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada dinding lambung, hal tersebut disebabkan karena makanan pedas menyebabkan asam pada lambung meningkat. Peningkatan asam lambung dapat menyebabkan pengrusakan dindingnya.

2. Mengurangi nafsu makan

Konsumsi makanan pedas yang berlebihan pada sebagian orang dapat menyebabkan berkurangnya nafsu makan. Oleh karena itu apabila kita ingin menjaga kesehatan tubuh secara umum, konsumsilah dalam jumlah yang disarankan, jangan berlebih.

3. Menyebabkan sulit tidur (Insomnia)

Makan makanan pedas dapat mengakitkan kesulitan tidur. Oleh karena itu sebaiknya tidak membiasakan makan makanan pedas pada malam hari atau menjelang tidur. Insomnia inilah yang menyebabkan istirahat malam yang tidak nyaman.

Revolusi Ilmiah - Penurunan Berat Badan yang berlebihan
Penurunan Berat Badan yang berlebihan. (Foto : agarcepathamil(dot)info)

Revolusi Ilmiah - Penurunan Berat Badan yang berlebihan
Loh kok saya kerempeng ya ?
4. Menyebabkan berat badan turun

Berat badan turun dapat disebabkan oleh kesukaan untuk konsumsi makanan pedas. Hal tersebut disebabkan pembakaran lemak tubuh. Namun, apabila konsumsi dalam jumlah yang belebihan, dapat menyebabkan bahaya penurunan tubuh yang belebihan. Konsultasikan kepada ahli gizi Anda apabila mengalami permasalahan tersebut.

5. Menyebabkan pusing

Salah satu efek peradangan pada lambung adalah menyebabkan pusing atau sakit kepala berlebihan, disamping sakit perut. Oleh karena itu, sangat disarankan supaya konsumsi makanan pedas dalam jumlah yang cukup. Pusing akibat makanan pedas umumnya terjadi pada mereka yang memiliki riwayat sakit maag atau gastritis.

Demikian 5 bahaya mengkonsumi makanan pedas secara berlebihan. Tidak masalah jika Anda hobi dengan makanan pedas karena manfaatnya pun juga banyak, namun perlu diingat jangan sampai berlebihan, bukankah berlebihan itu sesuatu yang tidak baik? Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan.

Kenali 5 Bahaya Konsumsi Makanan Pedas Secara BerlebihanBy Andri an.Published: 23.37
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger