Home » » Inilah Manfaat Tahu dan Tempe untuk Mencegah Osteoporosis

Inilah Manfaat Tahu dan Tempe untuk Mencegah Osteoporosis

Rutin makan tempe dan tahu bisa menjadi jalan yang enak untuk mempertahankan kekuatan tulang. Keduanya adalah sebagian makanan yang mampu mencegah terjadinya osteoporosis. 

Dalam penyakit ini, gizi yang baik dapat menjadi faktor pencegahnya. Produk olahan dari kedelai memiliki gizi penting untuk mencegah pengeroposan tulang.

Begitu pula dalam tempe dan tahu yang menjadi makanan olahan dari kedelai, sama hebatnya seperti susu yang diyakini membuat tulang kuat. Keunggulan dari makanan tradisional tersebut yaitu harganya murah dan sangat gampang didapatkan di Indonesia

Dalam kedelai terkandung fitoestrogen yang punya struktur menyerupai estrogen. Salah satu bentuk isoflavon tersebut secara klinis memiliki manfaat dalam pencegahan hilangnya kepadatan tulang. 


Isoflavon pada kedelai juga mampu meningkatkan massa tulang sehingga menjadi lebih kuat. Dengan begitu risiko osteoporosis bisa dicegah.

Mengonsumsi sekitar 30 gram protein kedelai, menyumbang sekitar 66 miligram isoflavon. Jika dikaitkan dengan konsumsi makanan harian, tempe dan tahun dapat dimasukkan sebagai salah satu menu yang mendukung asupan gizi ini. 


Selain itu, isoflavon ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi gejala menopause pada wanita. Gejala yang muncul antara lain sensasi panas dan kemerahan di wajah.

Pada wanita yang telah menopause, kadar hormon estrogen dalam tubuhnya menurun drastis. Oleh sebab itu, wanita lebih berisiko untuk mengalami kerapuhan tulang yang bisa berujung pada osteoporosis. 


Salah satu pencegahaannya bisa dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan isoflavon, kalsium, vitamin D dan ion kalsium InfinyCal.

Inilah Manfaat Tahu dan Tempe untuk Mencegah OsteoporosisBy Puitika Rahaniyah.Published: 23.26
Rating5.0 ★★★★★© 87833 reviews.

based on Microformats review aggregate




Terimakasih atas kunjungan Anda



Share this article :

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2014. coba-liat - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger